Selasa, H / 21 Mei 2024

Launching Belasan Bisnis Mahasiswa, ESQ Business School Gelar Bazaar After Class Market

Minggu 18 Jun 2023 23:03 WIB

Reporter : Nisa Mufidah

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Meriahkan Ujian Akhir Semester di hari penutup, ESQ Business School menggelar bazar “After Class Market” yang diisi oleh mahasiswa mata kuliah Business Creation dan Business Development 1 pada hari Jum’at, 16 Juni 2023.


Bazaar “After Class Market” ini meluncurkan belasan bisnis mahasiswa mulai dari makanan ringan, makan sehat, bumbu instan, fashion, galeri fotografi, hingga kids creative edu tools. Riuh ramai dihadiri oleh eksternal dan internal ESQ Business School di lantai 2 Menara 165.


Kegiatan ini merupakan penilaian dari Ujian Akhir Semester mata kuliah Business Creation yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 jurusan manajemen bisnis dan Business Development 1 oleh mahasiswa semester 6 jurusan manajemen bisnis.



Bazar yang digelar untuk umum ini dinahkodai oleh dosen bisnis yaitu Mariah bersama dengan rekan-rekan mahasiswanya yaitu Bintan Zahra, Arsa, Hasan Aziz, Dhiya Irfan, Amri, dan Mirza menyukseskan bazar Ujian Akhir Semester.


Selain launching produk bisnis mahasiswa, After Class Market juga diiringi dengan live music yang dibawakan oleh mahasiswa ESQ Business School, kemudian ada pitching bisnis dari mata kuliah Business Creation yang dijurikan oleh alumni ESQ Business School, Rafi Pangestu dan beberapa tim dari Oke Oce.



Bisnis yang terlibat dalam After Class Market ini diantaranya adalah Green Why (kids edu-tools), ayam acoy, lowcal food, rasaku, wash.id (carwash), Saipporo (jasa foto), kenalinked, cozly coffee, glutenno (cookies), pricare (masker wajah organik), hok don’s, bake it, earth to feeds, jazzmyn, dan was.tra (fashion).


Beragam bisnis disajikan dalam booth yang didekorasi dengan cantik oleh masing-masing tim. Uniknya, bisnis yang diluncurkan oleh mahasiswa ESQ Business School bukan sekedar bisnis yang mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, tapi berangkat dari kebermanfaatan.



<more>


Seperti yang sudah ditanamkan selama berkuliah di ESQ Business School mengenai SKI Method (spiritual, kreativitas, intelektual).


Bisnis yang lahir berawal dari dorongan spiritual yakni grand why, bagaimana karya mereka dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya, nilai kebermanfaatan inilah yang mendorong mereka dapat melakukan kreativitas sehingga intelektual untuk membicarakan materi dari profit dan lain sebagainya.


Salah satunya adalah bisnis Green Why milik Amri, Rahma, dan Hifni dari semester enam yang memiliki arti Green adalah lingkungan dan Why-nya adalah rasa peduli kita untuk bonding orang tua dan anak.


“Biasanya anak-anak suka dengan games, maka dari itu kita buatkan poster besar yang dapat diwarnai oleh orang tua bersama dengan anaknya.” Jelas Rahma dalam sesi wawancara produk bersama Coach Desi selaku Direktur Business Development di ESQ Business School yang dikenal ramah dengan mahasiswa.


Rahma menunjukkan packaging  unik dari paket menggambar Green Why yang berisikan poster gambar, stiker, dan barcode untuk guidebook menggambar.


Gambar dalam poster adalah tentang lingkungan, ketika anak memilih salah satu gambar bisa dibuka guide booknya, diceritakan dalam guidebook itu adalah cerita untuk anak anak mendengar sambil menggambar.




“Seperti tagline kita, mendekatkan buah hati kepada Penciptanya melalui ciptaan-Nya. Gambar-gambar ini adalah ciptaan Allah, kita harus menjaga lingkungan dan kesadaran akan hal tersebut harus ditumbuhkan sedari kecil.


Ketika mereka sudah mengerti bahwa lingkungan itu perlu dijaga dari kecil, harapannya mereka juga dapat terus menjaga lingkungannya saat besar.” Tambah Rahma, mahasiswi ESQ Business School jurusan manajemen bisnis angkatan 6.


“Amazing! Coach Desi calling alumni ESQ untuk melihat ide-ide kreatif dan original mahasiswa yang terkoneksi langsung kepada dorongan sifat-sifat Allah.” Tutup Coach Desi dalam sesi wawancaranya mengajak para alumni ESQ untuk menengok karya hebat milik mahasiswa ESQ Business School.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA