Selasa, H / 21 Mei 2024

Masjidil Haram Luncurkan Robot Al yang Berbicara 11 Bahasa

Kamis 09 Dec 2021 14:05 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: aldianews.com

ESQNews.id, JAKARTA – Ketika melaksanakan Haji dan Umroh, tentu saja ada ada beberapa ibadah wajib yang harus dilakukan di Masjidil Haram. Jamaah perlu mempersiapkan diri supaya tidak ada ibadah yang terlewat dan seluruhnya dilakukan sesuai aturan.


Bagi jamaah yang baru pertama kali melakukan ibadah haji, seringkali kebingungan sehingga membutuhkan panduan. Kini, panduan tersebut dapat diakses melalui robot Al atau robot Artificial Intelligence.


Robot beroda empat ini hadir dengan tampilan layar sentuh 21 inci dan akan berkeliling untuk membantu menjawab pertanyaan dan memberikan panduan terkait ibadah wajib yang harus dilakukan oleh Jamaah.


Robot yang dapat menggunakan 11 bahasa ini diciptakan untuk mengembangkan tingkat kemudahan layanan yang ditawarkan bagi Jamaah selama kunjungan ke Mekkah.




Dilansir di The National News, Selasa (16/11/ 2021), untuk kemudahan komunikasi, robot ini mampu berbicara dalam bahasa China, Rusia, Inggris, Prancis, Farsi dan Turki. Bahkan, teknologi ini bisa membantu menghubungkan jamaah dengan syekh dan ulama, dalam bahasa yang berbeda.


Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengatakan, pemandu robot baru bukanlah satu-satunya bantuan otomatis di Masjidil Haram. Ada juga robot pembersih otomatis, yang berfungsi untuk mensterilkan lokasi tersebut, serta membantu mencegah penyebaran pandemi Covid-19.


Robot lain berkeliaran di lokasi, antara jam 8 pagi dan jam 5 sore, untuk mendistribusikan air suci Zamzam dari sumur di bawah masjid. Robot-robot ini bekerja tanpa campur tangan manusia, dengan menggunakan sistem pintar.


<more>


Kepresidenan memiliki tujuan membantu dan mendidik umat Islam di seluruh dunia tentang penggunaan teknologi baru, termasuk kecerdasan buatan dan e-learning.


Dengan adanya berbagai teknologi yang semakin modern, diharapkan umat muslim semakin siap untuk melaksanakan haji dan umrah. Bagi yang ingin berkonsultasi perihal Haji atau daftar Haji ESQ, silakan hubungi ESQ Tours di 081141010165 (WhatsApp/Telepon).⁣⁣⁣⁣


Atau melalui DM/Inbox dengan format Haji_Nama_No.WA⁣⁣⁣⁣


Bisa mengunjungi website ESQ Tours, dengan klik link di sini⁣⁣⁣⁣⁣⁣




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA