Jumat, H / 17 Mei 2024

Wujudkan 10.000 Duta Akhlak & Duta Zakat, Baznas Jabar - Ciamis Gelar Training ESQ

Senin 02 Jan 2023 10:19 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, CIAMIS - Baznas Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Baznas Ciamis untuk menggelar Training atau Pelatihan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) untuk Duta Akhlak dan Duta Zakat yang bertempat di Aula STIKes Muhammadiyah Kabupaten Ciamis, Rabu 28 Desember 2022.


Baznas merupakan lembaga pemerintah non struktural yang kewenangannya mengumpulkan zakat, infaq dan juga sodaqoh dari masyarakat.


Perhelatan tersebut dihadiri oleh Asda 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Aef Saefuloh, Ketua Baznas Prov. Jabar, Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua DPD MUI Kab. Ciamis, Kepala Kemenag Ciamis, Kepala Kantor Cabang BSI Ciamis, penyuluh agama islam yg tergabung dalam pokjaluh, penyuluh agama islam yg tergabung di FKPAI, DMI Kecamatan se-Kabupaten Ciamis, pengurus Masjid Besar Kecamatan, Irma masjid agung, Mahasiswa dan UPZ-UPZ Kecamatan.


Tema yang diusung kali ini yaitu “Mewujudkan 10.000 generasi emas, Duta akhlak, Duta zakat Jawa Barat”.


Saat membacakan sambutannya, Asda 2 Aef Saefulloh menuturkan bahwa duta zakat merupakan terobosan baru yang diinisiasi oleh Baznas Provinsi Jawa Barat, untuk mewujudkan 10.000 duta zakat.


Menurut Asda 2 Aef, program ini tentu saja harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat, infaq dan sodaqah yang eksesnya sangat bermanfaat untuk sosial – keagamaan, Jelasnya.


“Tugas mulia tersebut harus diiringi oleh niat yang bulat, semata untuk syiar agama dan berinvestasi amal saleh," ujarnya.


Lebih lanjut, Asda 2 Aef juga menginformasikan bahwa poteni pengumpulan zakat, infaq dan sodaqah Kabupaten Ciamis hampir menyentuh angka 1 Trilyun.


“Ya, tentu potensi ini harus dapat dioptimalkan dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan masyarakat sadar dan cinta zakat," ajaknya.


“Alhamdulillah, beberapa waktu kemarin penghargaan atas prestasi pengelolaan Zis dari Baznas Jawa Barat dalam acara Baznas Jawa Barat kepada Kabupaten Ciamis menjadi equivalen," sambungnya.




Kaitan hal tersebut, training ESQ ini kata Aef dipandang bagus sebagai bekal penguatan mental-psikis serta spiritual para duta zakat untuk senantiasa berusaha ikhtiar semaksimal mungkin menjadi mitra pengumpul zakat kemudian bertawakal kepada Allah SWT atas ikhtiar yang dilakukan, Katanya.


“Pemerintah Kabupaten Ciamis mengapresiasi atas terobosan ini, semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita bisa terwujud dan masyarakat yang lemah secara ekonomi akan banyak yang terbantu dengan hadirnya duta zakat sebagai jembatan Baznas khususnya di Kabupaten Ciamis," pungkasnya.


Aef juga mengatakan bahwa pelatihan ESQ ini sangat penting untuk membangun duta akhlak dan duta zakat. ESQ ini merupakan cara untuk mengendalikan sebuah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.


“Persoalannya seperti ini bagaimana menilai emosi manusia. Apa parameter dari kedewasaan. Kedewasaan tidak diukur dari usianya, tidak diukur dari pendidikannya. Bagi saya ukuran kedewasaan itu dari bagaimana ia sudah mampu menghargai orang lain,” ucap Aef.


<more>


Didin Sa’adudin, Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Baznas Ciamis, menjelaskan tujuan pelatihan ESQ ini untuk membangun para duta zakat yang nantinya akan memberikan edukasi. Terutama pada agniya yang ada di Kabupaten Ciamis.


Peserta yang mengikuti training ESQ ini kurang lebih 200 orang. Terdiri dari perwakilan dari penyuluh agama honorer, penyuluh agama negeri, Ketua DMI tiap kecamatan, dan juga ketua UPZ tiap kecamatan.


Pihaknya pun berharap dengan adanya duta akhlak dan juga duta zakat pengumpulan penghimpunan dari zakat infak dan sodaqoh bisa meningkat lagi.


“Para agniya, para orang kaya dan juga pengusaha harapan ke depannya bisa mengeluarkan zakat melalui Baznas,” ucapnya.


Sampai 26 Desember 2022, Baznas Ciamis pun berhasil mengumpulkan zakat sampai Rp 17,3 miliar. Padahal target tahun ini hanya 13 miliar. Target tahun 2023 mencapai Rp 18,2 miliar.


“Mudah-mudahan dengan adanya duta zakat target tahun depan pun bisa terealisasi,” harapnya.


Untuk memenuhi harapan dari Baznas Jabar dan Ciamis itu, ratusan peserta diberikan pemaparan materi oleh Coach Yendra (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA