Rabu, H / 17 April 2024

Peningkatan Kompetensi Pengasuh Praja - IPDN Melalui ESQ Leadership Training

Selasa 27 Feb 2024 22:53 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JATINANGOR - Di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) dan zaman semakin modern ini, setiap manusia atau SDM penting untuk upgrade diri. Salah satunya dengan meningkatkan skill, knowledge atau kompetensi.


Peningkatan kompetensi dinilai penting juga untuk para pengasuh praja IPDN, maka ESQ bangun sinergi dengan IPDN dan memberikan program-program (training) unggulannya.

Pelatihan berlangsung pada tanggal 23-24 Februari 2024 secara luring di Kampus IPDN Jatinangor.




Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Yudi Rusfiana, S.IP., M.Si. serta dihadiri pula oleh Kepala Bagian Program Pengasuhan dan Alumni Rui Monis, S.STP., M.Si.

Dalam sambutannya, Yudi menyampaikan bahwa saat ini tengah mencoba mengkolaborasikan konsep IPDN dan konsep ESQ karena generasi yang dihadapi adalah Gen Z yang kreatif namun manja.




"Bagaimana kita membina mereka agar output-nya adalah hal yang positif bagi mereka, seperti semangat belajar yang tinggi, solidaritas tinggi, serta rasa cinta tanah air yang terus meningkat, yang mampu membuat mereka menjadi presisi," tuturnya.

Lebih lanjut, "Karena kita tidak hanya ingin menghasilkan orang yang hanya patuh tapi juga memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan juga emosional yang baik."

"Harapannya tidak ada lagi kekerasan dan tidak ada lagi kegiatan-kegiatan bersifat amoral, yang dibutuhkan adalah kegiatan-kegiatan kedisiplinan yang dielaborasikan dengan pemahaman ESQ," harapnya.


<more>


Mendengar paparan tersebut, kader dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Dudi Supriadi dan Coach Sandi Muharam siap membimbing dan memandu para pengasuh praja.

Ada 114 pengasuh praja dari Satuan Sena Praja Pratama, Satuan Wira IPDN Kampus Jakarta, Satuan Dharma Praja Madya, Satuan Dharma Praja Utama Putri, Satuan Dharma Kampus Jakarta, Satuan Dharma Praja Putri Kampus Jakarta, Penegak Disiplin dan Pemeriksa Praja, serta Penata Administrasi Penegak Disiplin Praja.




Mereka diberikan bekal ilmu yang sifatnya duniawi serta akhirat.

Materi yang disampaikan oleh para fasilitator dari ESQ di antaranya yaitu Finding the Grand Why, Alignment Values BerAKHLAK, Zero Mind Process, Growth Mindset, Komunikasi dengan Teknik Coaching, Outbound. Agar lebih meriah dan paham dengan materi yang disampaikan, para peserta di ajak bermain games oleh trainer.

Sehingga, para peserta terlihat happy dan antusias mengikuti pelatihan selama 2 hari dari pagi hingga sore tersebut.

Bahkan, beberapa peserta memberikan feedback positif berupa testimoni.




Theodoron N. Tangkudung, Pengasuh Praja IPDN sampaikan, “Melalui training ini kami mendapatkan ilmu tentang coaching dan kegiatan outbound. Harapan kami ilmu yang sudah kami dapatkan bisa diterapkan dalam kegiatan bekerja sehari-hari. Semoga IPDN dan ESQ sukses selalu.”

Maulana Syaputra, Bagian Program Pengasuhan dan Alumni juga katakan, “Dengan kegiatan ini kami mendapatkan wawasan dan tata cara dalam mengasuh praja.

Selain itu, kami bisa melihat sudut pandang yang berbeda, yang biasanya kami anggap apa yang kami lakukan dan pikirkan selalu benar, sekarang lebih memahami bahwa tidak hanya mengarahkan dan memerintahkan. Tetapi perlu juga mendengarkan dan menggali permasalahan yang dihadapi oleh praja. Semoga kerjasama IPDN dan ESQ dapat terjalin semakin baik dan dapat mengundang untuk kegiatan lainnya.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA