Sabtu, H / 27 April 2024

Pegadaian Lakukan General Check Up di ACT Consulting, Hasil Lab-nya Memukau Hingga Dapat Penghargaan AKHLAK Award 2

Rabu 05 Oct 2022 19:16 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dengan menerapkan nilai AKHLAK BUMN (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dalam setiap kegiatan bisnisnya. Komitmen kuat dalam penerapan dibuktikan secara nyata, yang mana PT Pegadaian berhasil meraih penghargaan dalam AKHLAK Award 2022 yang diselenggarakan oleh ACT Consulting. 


Ajang AKHLAK Award ini turut mengundang Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron serta seluruh jajaran direksi BUMN di dalamnya. Seluruh BUMN dan Anpernya yang menerima penghargaan dengan berbagai kategori disebutkan satu per satu pada 5 Juli 2022 secara daring.


Lalu pada hari ini, 5 Oktober 2022 diadakan penyerahan secara langsung oleh Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian kepada Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan yang berhasil memenangkan penghargaan AKHLAK Award 2 untuk kategori Anper BUMN cluster Jasa Keuangan.


Penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh Ridwan Arbiansyah (Direktur HC, Legal & Compliance), Sahat Pangaribuan (Kepala Transformation Office), Sriyani (Kepala Divisi Budaya Kerja), Gunawan Sulistyo (Direktur Umum), Evi Rofiqotul Hidayah (Direktur Pemasaran & Pengembangan Produk), Eka Pebriansyah (Direktur Jaringan, Operasi & Penjualan), Teguh Wahyono (Direktur Teknologi Informasi & Digital) serta tim dari ACT Consulting.


"AKHLAK itu bukan hanya untuk di hafal namun dipahami dan diimplementasikan. Jadi saya harapkan temen temen semua bisa menjiwai AKHLAK ini. Mulai dari nilai Amanah atau bertanggungjawab atas tugas tugas, Kompeten yaitu harus terus meningkatkan keahlian kita, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif lebih diterapkan lagi," tegas Damar.




Tak lupa, Dirut Pegadaian itu mengucapkan terimakasih kepada Ary Ginanjar dan tim yang telah hadir dan menyerahkan langsung piala AKHLAK Award kepada Pegadaian. 


"Alhamdulillah kalau melihat Pak Ary itu rasanya adem sekali. Apalagi membaca quotes quotesnya. Terimakasih Pak atas inspirasinya. Alhamdulillah kami mendapat penghargaan ini. Nilai atau hasil survei Pegadaian naik dibanding tahun lalu. Saya berharap ini bukan hanya sekedar menjadi juara saha namun harus terus tumbuh secara eksponensial dan semakin jaya," harapnya.


Menurutnya, hal ini bukan tanpa sebab bisa meraih piala penghargaan namun karena adanya bimbingan dan training dari sang Founder ESQ Group sehingga Pegadaian bisa melesat kinerjanya.




"Tentunya kami bertekad bahwa Pegadaian akan lebih jauh lebih baik dengan segala program program yang ada. Sehingga kami bisa meningkatkan kinerja kami. Jadi yang utama adalah nilai angkanya bagus tentu akan membawa kinerja yang bagus dan itu kami sangat berkomitmen untuk menjaga angka di BUMN agar tumbuh di Pegadaian," katanya dari lantai 3 Gedung PT Pegadaian, Jakarta.


Pemberian AKHLAK Award ini ditentukan dari hasil penyusunan dan pengukuran AKHLAK tersebut dinamakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai dari BUMN yang diukur. Dari hasil survei tersebut, diperoleh indeks internalisasi AKHLAK, sesuai persepsi responden terhadap nilai dan perilaku yang sudah diimplementasikan di organisasi. ACT Consulting sebagai konsultan transformasi budaya organisasi, yang berpengalaman membantu berbagai organisasi dalam 12 tahun terakhir, terpanggil untuk juga turut mensukseskan dan mendorong terwujudnya BUMN ber-AKHLAK.




"Ibarat pasien itu harus di general check up ke laboratorium untuk mengetahui sehat atau tidak tubuhnya. Dokter memeriksa kita sehingga ketahuan kondisi tubuh kita dan diberikan resep serta obat jika terdeteksi sebuah penyakit. Sama halnya dengan organisasi, perlu di periksa kesehatan budaya kerjanya. Jika terlihat hasilnya maka diberikan obat berupa program program. Jika sehat, akan berdampak kepada kinerja," jelas Ary.


Ary membaca hasil laboratoriumnya secara singkat, bahwa Indeks Implementasi AKHLAK Pegadaian adalah 65,8% di atas rata-rata 176 BUMN dan Anper yaitu 44,5%. Nilai “Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif” Pegadaian berada di atas nilai rata-rata BUMN.


"Hasil ACHI dari Pegadaian menunjukkan penerapan AKHLAK di Pegadaian yang dinilai langsung oleh 97 persen karyawannya. Sehingga kenaikan angka ACHI bisa mencapai penghargaan di AKHLAK Award. Itu adalah sebagai cerminan sikap kepemimpinan atau leadershipnya Pak Dirut. Ditambah fondasi yang kuat yaitu AKHLAK. Maka otomatis kinerjanya melesat," tutur sang Tokoh Motivator Indonesia itu




Lebih lanjut, "Dari semua sisi nilai nilainya naik bahkan di atas rata rata BUMN dan ini bukanlah sesuatu yang hanya dipertahankan namun perlu ditingkatkan lagi dan tentu saja akhirnya kinerja. Karyawan di Pegadaian telah memiliki kemauan yang tinggi untuk berperforma tinggi (performance), berkembang (growth), mencapai tujuan (common goals) dan menjaga keberlangsungan organisasi (sustainability) kepada perusahaan."


Penulis Buku AKHLAK pun menjelaskan bahwa metode pengukuran dari ACT Consulting dilakukan secara transparan untuk BUMN, juga dilakukan untuk memetakan Kementerian dan Lembaga lainnya sehingga Indonesia menggunakan alat ukur atau penggaris yang sama. Sebagai informasi, saat ini ACT Consulting sedang mengukur 623 Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah total yang sedang dilakukan pengukuran yaitu sebanyak 4,5 juta orang.


<more>


Mendapat penghargaan tersebut, Ninuk juga mengungkapkan perasaannya. Ia mengatakan bahwa penghargaan ini tidak datang secara tiba tiba. Namun ada upaya dan effort yang telah dilakukan oleh Pegadaian. Sehingga menghasilkan sebuah perbaikan atas nilai ACHI ini. 


"Perbaikan yang kami lakukan tentu adalah sebuah program kerja yang berkesinambungan. Jadi ada pembenahan dari varian produk atau program kerja yang selama ini kurang align antara yang satu dengan yang lain sehingga itu yang dibenahi agar saling berkesinambungan. Scoring ACHI atau pembenahan ini dimulai dari awareness AKHLAK di lingkungan corporate culture," tuturnya dengan lembut.


Katanya, Pegadaian punya perpanjangan tangan namanya change agents, change leaders, change coordinators, change champions bahkan change sponsors. Mereka diberikan pelatihan pelatihan tentang AKHLAK di mulai dari program crystallizing AKHLAK Ability "Living The Grand Why" seluruh change agents, AKHLAK Mentorship Program, Program internalisasi AKHLAK executive coaching BoD-1 dan  BoD-2 serta lainnya.


"Terimakasih Pak Ary dan tim. InsyaAllah ke depannya angka ACHI ini siap ditingkatkan sehingga berdampak ke performa juga," sambungnya.




Info tambahan disampaikan juga oleh Putri Pamela (Managing Partner ACT Consulting). Wanita yang pernah bekerja di Gallup Amerika (perusahaan konsultasi internasional) itu mengatakan bahwa tingkat positif energi di Pegadaian sangat tinggi dengan nilai 93.2%. 


"Artinya nilai itu bisa mendukung pencapaian kinerja organisasi yang efektif dan efisien (High Positive Energy). Lalu adanya shifting of personal focus on performance atau sudah munculnya fokus yang berkaitan dengan keinginan dorongan dari dalam diri untuk berprestasi & berkinerja tinggi," ungkapnya.


Selain penyerahan AKHLAK Award 2 dan Buku AKHLAK tersebut, Dirut beserta jajarannya mengajak Ary Ginanjar dan tim ke Cafe milik Pegadaian untuk menikmati kopi dan hidangan hangat. Kemudian lanjut ke Galeri 24 (ada berbagai macam perhiasan dan emas batangan).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA