Selasa, H / 21 Mei 2024

KemenPANRB Percayakan Survei Budaya Kerja untuk 4,5 Juta ASN Kepada ACT Consulting

Selasa 15 Nov 2022 17:25 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) gandeng ACT Consulting untuk menyelenggarakan Sosialisasi Survei Budaya Kerja ASN 2022 Kementerian/Lembaga di Pullman Hotel Central Park Jakarta, pada Selasa (15/11/2022).


Survei Pemetaan dan Pengukuran Budaya Kerja ASN (Indeks BerAKHLAK) Tahun 2022 oleh PT. Arga Bangun Bangsa/Accelerated Transformation Consulting bukan tanpa sebab. Lembaga yang sudah berkiprah selama hampir 23 tahun dalam membangun karakter dan budaya kerja ini telah melewati serangkaian tender terbuka dengan seleksi yang sangat ketat dari PANRB yang diuji kelayakannya oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN).


Kegiatan dibuka oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Alex Denni. Menurutnya, survei ini dilaksanakan untuk memantau efektivitas sosialisasi dan intervalisasi core values ASN BerAKHLAK yang sudah satu tahun diluncurkan oleh Presiden RI Jokowi.


Ber-AKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN ini adalah sebuah panduan dalam berpikir, berstruktur dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN yaitu bangga melayani bangsa yang berperan sebagai jiwanya, moto, penyemangat. Serta menerangkan bahwa dalam bertugas, ASN ini selalu bangga melayani bangsa.


Peserta sosialisasi ini terdiri atas 82 perwakilan dari Kementerian/Lembaga. Acara sosialisasi ini turut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyatini, tim dari Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting yang menjadi pihak ketiga untuk pelaksanaan survei budaya kerja, serta Asisten Deputi Penguatan Budaya Kerja Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Damayani Tyastianti hadir melalui daring.


<more>


Sebagai informasi, pengisian survei Indeks BerAKHLAK untuk 632 Kementerian/Lembaga/Daerah dengan total 4,5 juta ASN di seluruh Indonesia tersebut sudah dimulai pada Senin, 29 Agustus 2022. Program ini dibagi dalam 4 batch, yaitu: Instansi Pemerintah wilayah Indonesia Barat, kemudian wilayah Indonesia Tengah, lalu wilayah Indonesia Timur dan yang terakhir Instansi Pemerintah Pusat.


"Di dalam survei budaya kerja ASN ini ada 3 yang akan kita ukur yaitu Survei Indeks BerAKHLAK (mengukur kinerja ASN selama ini), Survei Employee Engagement (mengetahui keterikatan antar pegawai) dan Survei Employer Branding (seberapa besar ketertarikan masyarakat soal ASN)," ungkap Alex.


Pria kelahiran Lintau Sumatera Barat ini menjelaskan bahwa Survei Indeks BerAKHLAK, pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi mengenai implementasi core values BerAKHLAK di instansi masing masing.


"Di sini, kami juga ingin melihat bagaimana keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi saat ini, kami juga menampung aspirasi dari pegawai ASN terhadap kondisi budaya yang ideal. Lalu, hasil survei tahun 2022 ini akan dijadikan baseline pengukuran di tahun berikutnya," jelasnya.


Dia menyebutkan, jika hasil survei indeks BerAKHLAK akan dijadikan dasar rekomendasi perbaikan kebijakan Penguatan Budaya Kerja ASN ke depannya.


"Selanjutnya, organisasi juga perlu menciptakan strategi khusus untuk membangun identitas, citra, dan nilai positif dengan cara meningkatkan Employer Branding melalui Employee Value Proposition (EVP). EVP sebagai perekat antara instansi Pemerintah sebagai organisasi dengan para pegawai (ASN), dimana kedua belah pihak bersepakat untuk saling mengikatkan diri dan saling memberikan nilai tambah (give and take)."




Tujuan EVP yaitu mempertahankan dan meningkatkan loyalitas the right talent yang telah memberikan performa yang optimal untuk organisasi, meningkatkan rasa kebanggaan menjadi ASN, meningkatkan daya tarik bagi targeted talent untuk bergabung menjadi ASN.


"Gimana cara untuk mengetahuinya? Yaitu dilakukan pengukuran yang internal, dibantu oleh ACT Consulting dengan Employee Engagement. Fungsinya untuk mengetahui tingkat keterikatan ASN sehingga dapat meningkatkan komitmen dan juga mempertahankan ASN yang merupakan talenta talenta terbaik. Sedangkan pengukuran eksternalnya yaitu dengan Employer Branding untuk mengetahui tingkat ketertarikan masyarakat untuk bergabung menjadi ASN sehingga dari sisi rekrutmen Instansi Pemerintah dapat memperoleh talenta yang diharapkan sesuai dengan target organisasi (targeted talent)." 


Target responden survei employee engagement bagi ASN dengan jumlah tiap instansi pemerintah yang mengisi survei minimal 140 orang. ASN yang mengisi survei harus dapat mewakili setiap jenjang dari setiap kelompok jabatan (JPT-JA-JF), bagi instansi pusat vertikal yang memiliki unit kerja di seluruh Indonesia, ASN yang mengisi survei diharapkan memenuhi perwakilan berbagai wilayah di Indonesia (WIB-WITA-WIT). 


"Kita juga melibatkan Stakeholders untuk membantu berjalannya survei ini terkait akan melibatkan Kemendagri dan Pemerintah Daerah serta BKN (Kanreg) untuk kolaborasi dalam bantuan diseminasi survei Employee Engagement," tutupnya.




Paparan dilanjutkan oleh Rini, yang mengatakan bahwa Core Values ASN BerAKHLAK ini bisa menjadi fondasi atau penguatan budaya kerja bagi seluruh ASN.


"Saya berharap nilai nilai ASN ini bisa ditanamkan di setiap individu, sebagai pedoman dan diaplikasikan kepada lingkup kerja dan masyarakat. Jadi, mari kita bersama sama menginternalisasikannya di dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara," tuturnya.


Di akhir moment, diberitahukan bahwa akan ada lagi ASN Culture Fest 2022 di bulan Desember mendatang. Kali ini mengusung tema "Spirit and Energy for Transformation."


"Akan ada 100 penampil atau instansi nanti. Penilaiannya dipilih atas dasar yang memiliki nilai baseline paling bagus. Lama lama acara ini bisa diikuti oleh seluruh Kementerian/lembaga/pemerintah pusat dan lainnya dalam setahun sekali. Dan diharapkan Indonesia menjadi lebih baik," harap Alex.


Lebih lanjut, "Lalu jadi ajang best implementation core values ASN BerAKHLAK. Sebagai wadah sharing untuk instansi yang sudah mengimplementasikan Core Values BerAKHLAK di lingkupnya. Serta menjadi sarana komunikasi untuk berdiskusi mengenai program penguatan budaya kerja."




Konsep acaranya dilaksanakan secara hybrid. Daring melalui zoom meeting, youtube, dan website. Sedangkan secara luring akan dihadiri oleh Menteri PANRB, para kepala lembaga paguyuban (BKN, LAN dan KASN). Para pejabat Pembina Kepegawaian setingkat Menteri dan Kepala Daerah yang menerima penghargaan, Para pejabat Eselon 1 Kementerian PANRB, tim instansi pemerintah pengisi acara, tim asisten deputi penguatan budaya kerja, dll.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA