Selasa, H / 21 Mei 2024

Bangun Spirit dengan Alignment Session, Founder ESQ Sebut KPP Mining adalah Barang Antik dari Catur Darma ASTRA

Rabu 31 May 2023 15:33 WIB

Reporter :Nisa Mufidah

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Membuat perusahaan dapat memberikan performa terbaik tentu dengan menempatkan orang-orang terbaik pada posisi terbaiknya. Bagaimana hal ini merupakan kacamata dari pemimpin untuk dapat menentukan talent masing-masing timnya. Juga memperhatikan apa yang menjadi naik turunnya performa tim dalam menjalankan pekerjaan secara individual.


Kondisi ini dicermati secara cerdas oleh KPP Mining dengan menggelar webinar bersama ACT Consulting International yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Mei 2023 di jam 14.00 - 15.30 WIB melalui zoom meeting.




Webinar yang diikuti oleh para direksi, project manager, dan GM ini berpacu dalam diskusi bagaimana seorang pemimpin dapat memiliki growth mindset untuk mencapai target yang lebih besar dari tahun sebelumnya. 


Untuk mencapai sebuah performa yang lebih baik, membentuk sebuah peradaban yang besar menarik kembali pada sebuah kelahiran peradaban seperti Jepang. Yang mana menggabungkan nilai-nilai sintoisme dengan nilai-nilai barat.


<more>


Menarik garis dengan kondisi peradaban besar oleh Jepang, inilah yang mampu dilakukan oleh KPP Mining menurut Ary Ginanjar.


“Model yang sedang dibuat oleh KPP Mining  adalah role model, bagaimana membangun korporasi melalui gabungan dua unsur. Yakni agility, SDM yang memiliki kemampuan menghadapi tekanan, dan purpose.” Jelas Ary.


Hal yang perlu dijaga di gempuran perusahaan yang banyak sekali terjun bebas karena kurangnya perhatian terhadap agility SDM serta purpose seperti yang dimiliki oleh KPP Mining. 


Menunjuk dari apa yang sudah diajarkan oleh William mengenai catur darma ASTRA, Ary Ginanjar menyebutkan bahwa KPP Mining merupakan bagian dari warisan barang antik dari catur darma ASTRA tersebut.




“Kita bisa membuktikan dalam buku Michael Heart, dari ribuan pemimpin yang paling hebat nomor satu adalah Nabi Muhammad SAW.


Tidak dapat kita pungkiri, yang terpilih adalah pemimpin yang mampu menciptakan perubahan dunia dengan menggabungkan dimensi intelektualitas dengan spiritualitas.


Inilah yang ada di dalam KPP Mining, Pertahankan!” Pesan Ary kepada para direksi yang hadir dalam zoom meeting siang itu.




Pada poin kedua, permasalahan pada zaman ini adalah tantangan tidak akan pernah berhenti serta perubahan akan terus berlaku. Sehingga sikap apa yang seperlunya kita pelajari dan terapakan untuk menghadapi perubahan yang silih berganti?


Ary menjawab keresahan tersebut, “Hari ini KPP Mining dapat bertahan pada tahun 2023. Apakah dapat bertahan di 2030? 2045? Di tengah banyaknya perubahan yang tidak pernah kita duga ke depannya.


Ada satu ilmu yang sangat sederhana namun sulit dijalankan. Sehebat apapun orang yang merupakan doktor universitas ternama di dunia, memiliki network yang bagus, memilliki banyak modal untuk memulai, jika ilmu ini tidak ada dalam dirinya maka bisa jadi dia akan gagal.


Namun jika seseorang tidak sehebat yang kita bicarakan sebelumnya memiliki ilmu ini, maka dia akan dapat grow.”


Kunci dari menghadapi perubahan adalah seperti seekor burung yang tidak pernah takut untuk hinggap di sebuah ranting tipis mudah patah, karena dia tau bahwa dirinya akan bisa terbang dan tidak jatuh dari ranting tersebut. Inilah Growth Mindset.




Growth mindset dan purpose, kombinasi yang jika digabungkan akan menunjukkan sebuah keberhasilan yang dimulai dari leadership memiliki tujuan berdampak.


“Keberhasilan teman-teman di KPP Mining, tentu sudah menghadapi berbagai macam event. Seperti harga batubara yang fluktuatif, permodalan, masalah teknis, kecelakaan kerja. Event ini akan terus silih berganti.


Yang harus dilakukan adalah memberikan respon yang seperti apa untuk menghasilkan sebuah outcome. Inilah yang harus ada dalam diri seorang leader.”


Teknik Event + Response = Outcome adalah yang merupakan bagian dari Growth Mindset. Bersama penjelasan dari founder ACT Consulting International, Ary Ginanjar menunjukkan bahwa apapun eventnya, jika respon yang diberikan adalah positif, maka akan melahirkan outcome yang positif.


Jika merespon dengan negatif, inilah yang disebut dengan fixed mindset, pemikiran yang ketika ada masalah dia akan melakukan fight. Menyalahkan orang lain, mencari kebenaran diri, situasi tersebut tentu akan menguras energi dan menghasilkan outcome yang tidak memuaskan.


Bagaimana akan mencapai target yang lebih besar jika berhadapan dengan berbagai rintangan akan merespon secara negatif?


Menghadapi segala event dengan respon fight, flight (menghindar), dan freeze, akan memberikan grafik outcome terus menurun bukan semakin tinggi atau grow.




Sehingga apa yang terjadi, leader harus mampu memberikan respon yang positif dan berfikir secara growth mindset, menjadi contoh dan influence bagi timnya. Mencari solusi atas permasalahan yang hadir tanpa perlu mencari-cari siapa yang salah siapa yang benar.


Begitu banyak perusahaan sudah memiliki strategi ketika menghadapi kegagalan, menghadapi kejadian yang tidak sesuai, namun ketika tidak memiliki fondasi, ini semua akan runtuh. 


“Fondasi inilah yang disebut dengan belief, sebuah kepercayaan. Ketaqwaan. 


Orang yang gagal, tidak memiliki growth mindset berarti tidak adanya belief, kepercayaan atas kemajuannya. Kepercayaan atas apa yang terjadi mampu menjadikan dirinya tumbuh.” Papar Ary yang dilanjutkan dengan potongan makna ayat al-quran,


“Orang yang beriman itu istimewa. Jika ia diberikan rezeki akan bersyukur, jika diberikan ujian dia bersabar.”


Pemimpin yang bertaqwa merupakan pemimpin yang sudah memiliki belief, kepercayaan. Sehingga growth mindset akan tumbuh dalam jiwa-jiwa pemimpin yang hebat. Yang dapat menembus lebih dari apa yang ditargetkan.


Ketangguhan akan senantiasa didapatkan, performa dalam kerja juga akan melesat hebat, terbang dengan tinggi seperti Elang yang bebas terbang dengan gagah.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA