Jumat, H / 29 Maret 2024

Core Values BUMN, Founder ESQ Group: AKHLAK Tumbuh di Level 4 dan 5, Ada Risetnya!

Senin 12 Oct 2020 15:33 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ary Ginanjar Agustian sang Founder ESQ Group

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Riset dari Amerika menyatakan, “Secara finansial di Amerika misalnya, biaya yang muncul akibat hilangnya produktivitas karyawan ditaksir berkisar antara 287 miliar dollar hingga 370 miliar dollar atau 5 ribu triliun rupiah.”


“Itulah akibat dari kehilangan meaning and purpose (tujuan) dalam hidup. Riset itu ditujukkan bagi orang yang masih berada di level 2 dan 3. Sedangkan BUMN harus berada di level 4 dan 5,” jelas Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian dalam Program Internalisasi Akhlak ‘Living The Grand Why and Quantum Excellence’ Batch 1 di PT Pelindo III.


Ary Ginanjar, turut menyapa para peserta training sekaligus menitipkan salam untuk Dirut PT Pelindo III.


ESQNews.id meninjau dari zoom bahwa para pegawai Pelindo III pun mengiyakan, pertanda salam akan mereka sampaikan. Terlihat berseri-seri di wajah mereka saat mengikuti rangkaian acara, meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB.


<more>


Gelaran itu dilaksanakan selama 2 hari pada Senin-Selasa (12-13/10/2020), yang diikuti oleh kurang lebih 390 orang portizen Pelindo III.


Selain Master Trainer Ary Ginanjar Agustian, event tersebut dipandu oleh Coach Nofel (Trainer ESQ).


“Mari kita review tentang tingkatan Socio-Emosional dari level 1 sampai 5, yaitu ada Dependent, Ego-Independent, Socio-Dependent, Intra-Independent, dan Inter-Dependent (Common Good),” papar Nofel.


Menurutnya, di level 1 sampai 3 itu masih tentang individual (ego diri sendiri). Sedangkan di level 4 dan 5, bukan tentang kepentingan sendiri lagi. Namun, kita sudah ke tahap memberikan kontribusi untuk khalayak.




Mengapa dibutuhkan program internaliasi akhlak BUMN? Sebab Core Values AKHLAK hanya dapat tumbuh di level Socio-Emotional 4 dan 5 saja.


“Akhlak tumbuh di level 4 dan 5. Saya ingin Pelindo III berada di level 4 dan 5, misi hidupnya rahmatan lil 'alamin, memegang teguh nilai-nilai akhlak. Karena BUMN untuk Negeri,” harap CEO ESQ Group itu.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA