Rabu, H / 17 April 2024

Supaya Konflik Bikin Greget (2)

Jumat 05 Mar 2021 12:06 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: thoughtco.com

Adapun dua pilihan tersebut adalah:

1. Tokoh yang menerima konflik
Tokoh yang menerima konflik adalah tokoh yang dengan terpaksa menerima konflik tersebut tanpa mampu melawannya atau membela dirinya. Sehingga tokoh tersebut larut dalam konflik. Akibat dari pilihan tersebut si tokoh akan mengalami kerugian baik secara emosional, fisik, kesehatan, ekonomi, sosial dan sebagainya.

Contoh:
Konflik: Pak Burhan terkena PHK dari perusahaannya.
Pilihan: Pak Burhan pasrah menerimanya. Akibatnya, Pak Burhan kehilangan pekerjaan dan kehidupan ekonomi keluarganya berada di ujung tanduk.

<more>

2. Tokoh melawan konflik
Tokoh melawan konflik adalah tokoh yang tidak bisa menerima konflik dan melakukan perlawanan secara fisik atau verbal. Akibatnya, tokoh yang melawan konflik bisa mengalami kondisi yang tragis, atau cerita berujung chaos. Biasanya tokoh cerita yang melawan konflik berujung pada kondisi yang tragis seperti kematian, siksaan, anarkis dan kacau.

Contoh:
Konflik: Pak Burhan terkena PHK dari perusahaannya.
Pilihan: Pak Burhan menolak di-PHK dan melakukan perlawanan dengan berunjuk rasa dengan karyawan lainnya. Demo tidak terkendali sampai terjadi tindakan anarkis. Akhirnya Pak Burhan ditangkap polisi lalu dimasukan ke dalam penjara.

Penyelesaian konflik bisa disebut antiklimaks, yang telah melalui fase klimaks (puncak) konflik. Pilihan dari alternatif penyelesaian konflik ini sebaiknya benar-benar dicermati oleh penulis supaya ceritanya menarik.  

Penentuan ending cerita bisa diambil dari antiklimaks tersebut. Setelah tokoh memilih satu dari dua pilihan di atas dalam antiklimaks, dan telah digambarkan tentang konsekuensi dari pilihan tersebut kepada pembaca, pada bagian akhir itulah sebanarnya letak ending-nya. Tidak jadi masalah kalau ending-nya terkesan menggantung.

Penulis yang baik seharusnya memberikan ruang bagi pembaca untuk  berpikir dan mengira-ngira sendiri seperti apa akhir dari cerita tersebut. (mengutip dari materi Group KMCO atau kepenulisan)

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA