Jumat, H / 29 Maret 2024

Program Detox Pesantren ala Zaidul Akbar

Jumat 18 Dec 2020 17:36 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: womensbest.com

Oleh dr. Zaidul Akbar

ESQNews.id, JAKARTA - Kepikiran saja sama program yang satu ini, karena melihat dan faham selama ini banyak masalah kesehatan di pesantren bisa dicegah dan diobati jika faham caranya dan mudah asal tahu ilmunya, serta tahu apa yang terjadi jika dibiarkan trrus menerus seperti itu, lalu mau mulai darimana..?

Ini beberapa tips saya karena makanan nikmat belum tentu sehat. Jadi kita perlu mengembalikan konsep detox ini dengan cara sebagai berikut:

Selama 3 bulan berturut turut Program Detox Pesantren (PDP) ini dikerjakan ya, kenapa 3 bulan? Karena itu waktu dimana sudah terjadi regenerasi sel dan perbaikan, ini polanya:


1. TIDAK ADA produk yang di goreng, apapun bentuknya, semuanya kukus rebus selama 3 bulan tersebut

2. TIDAK ADA TEPUNG, ganti semua tepung-tepungan seperti tepung terigu dengan umbi-umbian, “paksa” santri kenal dengan makanan-makanan tersebut dengan memberi edukasi tentang makanan tersebut

3. STOP ATAU KURANGI semua minuman yang diberi GULA PASIR PUTIH, kenalkan lidah mereka dengan manis dari buah atau madu dan pemanis alami lainnya. Jika membuat teh atau kopi, kurangi atau jangan beri gula

4. Ini di minum per 2 pekan


2 pekan di bulan pertama : jahe + sereh + pandan
2 pekan selanjutnya : kunyit asam

2 pekan dibulan kedua: sereh + pandan
2 pekan selanjutnya : kunyit + sereh

2 pekan di bulan ketiga : kunyit + jeruknipis + sereh
2 pekan selanjutnya : bunga lawang + kapulaga




<more>


Semua pemanis minuman tersebut bisa pake madu atau gula merah atau gula singkong.

Nasi putihnya perlahan-lahan ganti dengan makan umbi-umbian yang diberi lauk, misal singkong rebus dengan sambal teri dicocol atau singkong rebus bawang putih.

Apa manfaatnya pdp ini..? Di akhir bulan nanti kita akan liat sendiri hasilnya.

"Ini PDP buat pengasuh ponpes sih bukan buat orangtua santri ya, kalau orangtua santri ya minimal Anda bekali anak Anda dengan madu, zaitun dan habatusauda," kata dr. Zai.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA