Senin, H / 13 Mei 2024

Kenali dan Pahami Rasa Bahagia Anda Melalui Ini!

Senin 02 Dec 2019 16:28 WIB

Reporter : Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: slashgear.com

“The only thing that will make you happy is being happy with who you are, and not who people think you are”


ESQNews.id, JAKARTA – Be Happy? Bahagia? Siapa yang tak mau merasakannya? Semua pasti ingin bahagia bukan? Terkadang rasa bahagia diciptakan oleh diri sendiri bukan orang lain. Karena yang paling tahu kita, ya diri kita sendiri. Yang tahu keadaan, kondisi, rasa, hanya kita yang mengetahuinya.


Maka sebenarnya, yang bisa mengontrol diri kita siapa? Diri kita bukan? Namun, sebelumnya pahami dan kenali 4 hormon yang dihasilkan oleh tubuh ketika merasakan kebahagiaan, yaitu: Endorfin, Dopamin, Serotonin, dan Oksitosin.


<more>


Penting bagi kita untuk memahami hormon-hormon ini, akan dihasilkan ketika seseorang mencapai rasa bahagia melalui aktivitas, berikut penjelasan hormon tersebut menurut @get_repost pada (26/11):


  1. Endorfin

    Ketika kita berolahraga, tubuh melepaskan Endorfin. Endorphin membantu tubuh mengatasi rasa sakit. Menikmati berolahraga karena Endorfin ini akan membuat bahagia. Juga tersenyum dan tertawa adalah cara lain yang baik untuk menghasilkan Endorfin.

  2. Dopamin

    Dalam perjalanan hidup kita, kita menyelesaikan banyak tugas kecil dan besar, melepaskan berbagai tingkat Dopamin. Ketika kita merasa pekerjaan dan tanggungjawab kita dapat diselesaikan dengan baik, maka kita merasa puas dan baik, karena itulah tubuh melepaskan Dopamin secara optimal. Begitu pula sebaliknya.

  3. Serotonin

    Dilepaskan ketika kita bertindak dengan cara yang bermanfaat bagi orang lain. Ketika kita membantu orang lain, tubuh akan melepaskan Serotonin. Bahkan ketika kita menggunakan waktu kita yang berharga untuk membantu orang lain.

  4. Oksitosin

    Dilepaskan ketika kita menjadi dekat dengan manusia lain. Ketika kita memeluk buah Hati, Suami/istri, sahabat atau keluarga kita, Oxytocin akan dilepaskan optimal. Demikian pula, ketika seorang Ibu menyusui anaknya dengan penuh kasih sayang dan keikhlasan. Sejumlah besar hormon oksitosin dilepaskan.



Maka…

Marilah menjadi orang yang selalu Bahagia. Dengan memaknai bahwa bahagia di dunia hanyalah bahagia yang dapat hadir ketika seseorang senantiasa merasa ber-SYUKUR dan ber-SABAR atas segala Takdir dari Allah.


Ingatlah…

Ketika Allah SWT hanya menyebut kata “bahagia” satu kali saja dalam kitab suci Allah berfirman

“Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam surga; mereka kekal di dalamnya.” (QS.Hud:108)

Kata “bahagia” disebut hanya satu kali dalam Al-Qur’an agar kita semua tahu bahwa kebahagiaan yang sejati adalah ketika KELAK KITA SEMUA KEKAL MERASAKANNYA DI SURGA.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA