Senin, H / 13 Mei 2024

Mengapa Resolusi Gagal, Mari Kenali Habit

Senin 03 Jan 2022 17:05 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: Tangkapan layar

Oleh: Ida S. Widayanti

ESQNews.id, JAKARTA - Begitu banyak orang ingin berubah di tahun baru, dan membuat beragam resolusi. Namun dari sekian banyak resolusi selama bertahun-tahun, banyakkah yang sukses atau yang gagal?

Banyak orang membuat resolusi setiap akhir tahun, untuk menjadi individu yang lebih baik lagi di tahun depan. Sayangnya, sering kali resolusi hanya tinggal rencana.

Berdasarkan beberapa riset hanya 1 dari 10 orang berhasil mewujudkan resolusi tahun baru. Bahkan data yang dihimpun Statistic Brain, hanya 8 persen orang yang sukses mencapai resolusi tahun barunya. 



Mengapa banyak resolusi gagal?

Prof. Muhayya, motivator dari Malaysia mengatakan bahwa banyak orang ingin mengejar resolusi, gagal karena mereka tidak mengenal diri. Dalam siarannya live di Facebook jelang tahun baru 2022, ahli mata di Malaysia itu menyampaikan, “Ramai orang sibuk mengejar resolusi di luar diri namun tidak mengubah habit di dalam diri.”

Kunci keberhasilan resolusi adanya perubahan habit di dalam diri. Dengan mengenal diri kita ubah hal negatif dalam diri dan membangun habit positif baru maka resolusi secara perlahan akan berhasil dicapai.

Apa arti Habit? Habit adalah sesuatu yang kita lakukan secara rutin atau teratur  sehingga  akhirnya kita lakukan secara otomatis.



Untuk membangun habit positif ada baiknya kita mengenal “Atomic Habits” yang digagas oleh James Clear.  Atomic Habits adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kali kita anggap sepele atau kita remehkan, akan tetapi sebenarnya sangat berdampak dalam jangka panjang.

<more>

Berikut adalah contoh-contoh Atomic Habits:

Jika Anda adalah seorang penulis atau content creator, biasakan untuk rutin menulis atau membuat konten setiap hari, maka hal itu akan membuat Anda sukses ke depannya sebagai penulis.

Jika Anda ingin sukses,  rutin membaca buku (walau cuma satu halaman tiap harinya) akan membuat pengetahuan dan perspektif Anda terus bertambah.

Jika Anda ingin hidup sehat, seringlah konsumsi jenis makanan yang baik dan sehat. Maka apa yang  Anda konsumsi tiap hari itulah yang akan menentukan kesehatan Anda di masa mendatang.

Jadi tetapkan habit kecil apa yang akan Anda lakukan, usahakan konsisten agar resolusi Anda berjalan sukses.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA