Rabu, H / 17 April 2024

Pensiun Dini di Masa Sulit? Ini yang Harus Dilakukan Agar Tak Boncos Versi ESQ MPP

Selasa 23 Aug 2022 13:14 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: smartasset.com

ESQNews.id, JAKARTA – Sudah tahu bukan bahwa perekonomian dunia sedang tidak baik baik saja? Nah, inilah yang perlu diperhatikan bila ingin mengajukan pensiun dini di situasi sulit seperti  sekarang ini.


ESQ Masa Persiapan Pensiun membagikan 3 tips dalam lamannya yakni:


>> Pasang Target

Bila Anda menginginkan pensiun 10 tahun lagi, maka Anda harus tahu apa yang akan dilakukan selama sisa masa bekerja. Jangan bersantai dan merasa bahwa sisa waktu ini adalah waktu untuk beristirahat saja.


>> Cek Keuangan

Hitung biaya hidup, hutang, ongkos, tabungan hingga dana darurat Anda. Pikirkan apa yang harus Anda lakukan bila inflasi datang seperti sekarang ini.


>> Mengelola Pesangon

Kontrol nafsu berbelanja Anda ketika pesangon pensiun turun. Alokasikan dana pesangon dengan tepat missal untuk melunasi hutang, untuk tabungan dan dana investasi. Ingat jenis investasi harus aman dari ancaman inflasi.


<more>


“Jangan gegabah memutuskan pensiun di masa sulit. Pertimbangan matang harus dilakukan dengan betul-betul baik” – ESQ MPP


Sudah persiapkan Masa Pensiunmu dengan baik? Atau ingin tahu bagaimana cara mempersiapkannya? ESQ MPP hadir dan berikan solusinya. Silakan hubungi lamannya dengan klik di sini



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA