Rabu, H / 17 April 2024

Apakah Kita Perlu Menggunakan Masker?

Kamis 05 Mar 2020 09:59 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: news.sky.com

ESQNews.id, JAKARTA - Virus bisa mati dalam rentang waktu 5-7 hari.  Menurut beberapa sumber, masa inkubasi corona paling pendek berlangsung selama dua hingga 3 hari. Sedangkan paling lama bisa mencapai 10 hingga 12 hari.

Namun melihat perilaku virus corona pada penyakit lainnya, para ahli mengatakan bahwa masa inkubasi tersebut dapat mencapai waktu 14 hari.

Kasus corona makin tersorot karena sudah sampai ke Indonesia. Banyak masyarakat yang panik, sehingga selalu waspada dan mempersiapkan keamanan tubuh sedini mungkin.

Banyak upaya yang telah dilakukan oleh rakyat Tanah Air. Seperti membeli tisu basah, hand sanitizer, masker sebanyak mungkin. Harganya mendadak melejit naik hingga 1000%.

Tetapi sebenarnya apakah kita perlu menggunakan masker dan sejenisnya?

Menurut Indonesia Sports Medicine Centre, tidak diperlukan jika kita dalam kondisi SEHAT dan tidak mengalami gangguan saluran pernafasan atas seperti flu, batuk atau sesak nafas.

Diperlukan apabila: 1) Kita memiliki gangguan saluran pernafasan atas seperti flu, batuk, atau ssesak nafas, 2) Jika kita merawat orang dengan gejala gangguan saluran pernafasan atas seperti flu, bauk, atau sesak nafas, 3) Jika kita tenaga medis yang sedang menangani pasien dengan gejala gangguan saluran pernafasan atas seperti flu, batuk atau sesak nafas.

<more>

Penjelasan Menkes senada dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO menjelaskan, penggunaan masker hanya direkomendasikan untuk orang sakit, bukannya orang sehat.

Menkes Terawan juga mengingatkan, agar orang sehat tidak melakukan kontak dengan yang sakit. Sedangkan orang yang sakit dihimbau untuk membatasi kegiatannya.

Tetap menjaga pola hidup sehat yaaa teman-teman!!!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA