Minggu, H / 28 April 2024

Kondisi Kesehatan Dilihat dari Kukunya

Rabu 22 May 2019 11:07 WIB

Author :Redaksi

kondisi kesehatan dan kenampakan kuku

Foto: terapisehatindonesia

ESQNews.id - Tahukah Anda bahwa kondisi kesehatan seseorang dapat dilihat dari kukunya. Yuk, cek kuku jari tangan kita. Meskipun keakuratannya belum dipastikan 100% tapi ciri-ciri umum bisa dicek dengan kondisi kesehatan kita.



1. Kuku dengan lanula normal

Lanula adalah garis putih yang ada dibagian bawah kuku. Orang sehat punya lanula dengan besaran kurang lebih 1/5 dari area kuku, setidaknya pada kedua ibu jarinya.

Lanula dengan warna biru pucat, bisa mengindikasikan Diabetes Mellitus, Lunula berwarna merah mengindikasikan penyakit jantung dan pembuluh darah.



2. Lanula Sangat Kecil
Lanula yang sangat kecil kurang (dari 1/5 bagian kuku) mengindikasikan masalah imunitas, gangguan pencernaan & metabolisme melambat.



3. Tidak ada Lanula
Lanula adalah area berbentuk mirip bulan sabit yang ada di pangkal kuku jari tangan. Tidak ada lunula (pada ibu jari) berpotensi menderita anemia (kekurangan darah) atau kekurangan gizi.



4. Sedikit Biru pada Kuku Jari
Kuku jari biru mungkin menunjukkan masalah pernafasan dan jantung yang lebih berbahaya. Anda bahkan mungkin menderita emfisema, suatu penyakit paru progresif jangka panjang.



5. Kuku Jari Putih
Kuku putih-putih kapur, tepatnya mungkin merupakan tanda penyakit ginjal dan/atau masalah liver.



6. Kuku Kekuningan
Kuku kekuningan adalah biasa pada perokok, karena nikotin mungkin menodai kuku mereka.  Mungkin juga pertanda penyakit psoriasis, paru-paru atau tiroid.



7. Garis Gelap pada Kuku
Garis gelap pada kuku Anda mungkin timbul karena trauma atau melanoma, kanker kulit yang paling buruk.



8. Bengkak di sekitar kuku
Jika Anda melihat area bengkak di sekitar kuku yang hangat untuk disentuh, mungkin ada sesuatu dari infeksi kecil, lupus, penyakit autoimun kronis.



9. Kuku retak
Kuku retak seperti pada gambar adalah tanda infeksi jamur atau masalah tiroid.

Jadi setelah tau ciri-ciri tersebut diatas, baiknya kita lakukan pengecekan kesehatan untuk memastikannya.


TERAPI SEHAT INDONESIA | IG


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA