Rabu, H / 17 April 2024

3 Hari Bersama ESQ MPP, Para Peserta Optimis Ambil Langkah Besar Saat Pensiun

Sabtu 09 Dec 2023 10:47 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BOGOR - Belasan orang dari berbagai instansi di Indonesia telah mengikuti Pelatihan dan Pembekalan dari ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP) selama 3 hari pada tanggal 5-7 Desember 2023. 


2 harinya, materi dilakukan secara luring di dalam ruangan lantai 2, Menara 165 di Jakarta sedangkan hari terakhir atau hari ketiga dilakukan field trip ke Bogor.


Sekilas info, ESQ MPP merupakan program pelatihan dan konsultasi yang berhubungan dengan masa pensiun dengan metode dan layanan secara komprehensif dengan pendekatan Kecerdasan Spiritual (SQ), Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Intelektual (IQ).


Sehingga masa pensiun menjadi episode yang penuh kebermaknaan, kebahagiaan, kesehatan dan kesejahteraan. 




Selama 2 hari penuh dari pagi hingga sore, para peserta dipandu langsung oleh trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Zaki dan Coach Risman yang membahas materi Wisdom Living. Sedangkan materi keuangan dikupas tuntas oleh Coach Rudi.


Sedangkan untuk Field Trip, para peserta diajak ke 2 tempat yakni Industri Pertanian (Villa Biru) yang dipandu oleh Henry Soetrisno (Penggiat Pertanian organik dan hidroponik). Serta Industri Kuliner (Kanung Bogor) yang dipandu oleh Sang Owner yakni Askar.




Setelah para peserta ESQ MPP diajak berkeliling di lahan pertanian yang luas, Hendry diwawancara oleh tim ESQNews.


Menurutnya, pembekalan atau pelatihan dari ESQ MPP ini dinilai sangat perlu dan sangat baik sebagai jembatan dari para peserta yang sebentar lagi menjajaki masa pensiun dengan Villa Biru.




"Kegiatan ini menjadi penting karena yang namanya pensiun itu berhenti bekerja sebagai staff/karyawan namun tidak stop untuk berkarya," kata Hendry yang sempat mengajar tentang organik di lapang saat di Kampus IPB.


Diungkapkan oleh Hendry, bahwa Peserta MPP ini sangat baik dan mengikuti field trip dengan enjoy. Meskipun sesekali ada juga yang terlihat kurang fokus.




"Harapan saya ESQ MPP lebih banyak lagi menjaring calon peserta," tutupnya.


Para peserta ESQ MPP juga akui kebermanfaatan dengan adanya pembekalan atau pelatihan (sebelum dan sesudah) pensiun ini.


Ati dari PT. Halora Power sampaikan, "Awalnya saya ingin mengikuti Pelatihan MPP ini ketika melihat rundownnya yang menarik. Saya rasa perlu adanya pembekalan sebelum masa pensiun tiba. Dan ternyata setelah mengikuti training selama 3 hari sangat luar biasa. 


Di hari pertama, saya memahami arti Grand Why. Yang mana Grand Why ini menentukan bagaimana sikap kita ke depan dalam menghadapi pensiun. Jadi sebenarnya pensiun itu bukan berakhir segala-galanya kok, namun memulai sesuatu yang baru dan itu sangat menyentuh sekali bagi saya.




Terutama yang diucapkan oleh Coach Zaki bahwa kita tidak berakhir sampai di sini tapi masih banyak peluang-peluang lain yang memang harus kita tempuh. 


Kemudian di hari kedua, saya juga mendapatkan banyak wawasan terkait dengan perencanaan keuangan. Mudah-mudahan dengan apa yang saya dapatkan ini membuat saya tetap semangat untuk menjalani hidup dan bisa memberikan insight-insight kepada orang sekitar saya. 




Dan yang lebih surprise lagi di hari ke 3 ini agendanya yaitu field Trip ke dua tempat yaitu Villa Biru dan Kanung Bogor. Saya melihat Pak Hendry sudah sepuh namun tetap energik. Beliau selalu punya ide yang anti mainstream untuk mengelola kebun yang begitu luasnya. 


Mudah-mudahan perusahaan-perusahaan lain juga sebelum pegawainya pensiun, bisa mengikutsertakan mereka di training ESQ MPP ini," bebernya.


<more>


Tani Indrawan (IT di salah satu Perusahaan Asuransi) katakan, "Selama 3 hari pelatihan ini saya mendapatkan manfaat yang banyak sekali. Terutama di hari pertama itu dibekali dari sisi mental agar kita siap menghadapi pensiun dengan lebih percaya diri, tidak ada perasaan takut dan sebagainya. 




Kemudian di hari kedua kita juga dibekali bagaimana cara untuk mengelola keuangan dari pesangon yang sudah kita peroleh. Supaya kita bisa menata pesangon atau planning kita. Sehingga harapannya kita bisa tetap sejahtera dan juga kita bisa untuk memulai usaha. 


Nah di hari ketiga, itu langsung kita datangi tempat-tempat usaha yang real. Pertama kita datang ke usaha pertanian. Di sana dibahas bagaimana canggihnya teknologi pertanian oleh Pak Hendry.




Lalu kita lanjut ke industri kuliner yaitu kanung. Kita juga diberikan masukan bukan hanya secara teknis namun juga secara mental bagaimana kita akan memulai usaha. Pak Askar selaku owner katakan yang penting berani dulu, jalankan dulu jangan banyak teori. Itu mengena sekali kepada saya untuk semakin percaya diri dan siap menghadapi masa pensiun," paparnya. 






Mendapat respon yang positif dari para peserta, ESQ MPP ini akan segera digelar kembali di bulan Februari 2024.


Training akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 Februari 2024 secara hybrid (online dan offline) pukul 08.00 - 15.00 WIB.


Adapun modul yang akan diberikan kepada para peserta mencakup tentang membangun mindset dan sikap positif untuk mempersiapkan episode pensiun, sehingga masa pensiun lebih bahagia dan bermakna (Wisdom Living), mengukur tingkat kesehatan keuangan menjelang masa pensiun dan menyusun perencanaan keuangan pensiun (Financial Planning).


Lalu, pemaparan modul terkait cara menemukan dan menyusun rencana aktivitas pensiun, serta menggali potensi dan rencana bisnis di usia pensiun (Leveraging Assets), merancang sendiri model bisnis sehingga dapat lebih fokus dalam membangun serta mengembangkannya dengan baik (Bisnis Canvas Model) dan lainnya.


Mari daftar sekarang juga untuk mempersiapkan pensiun yang indah dan bermakna.


Info & Pendaftaran : ESQ MPP - 0811901165


WHY ESQ MPP?

https://youtu.be/STqH8qpGweQ


Suasana Training ESQ MPP Online

https://youtu.be/Ac7mf5bRvIM

https://youtu.be/AN65IdX-soY


Testimoni MPP Publik

https://youtu.be/U9kd5LutKsM


Program After Training (Sejuta Senyum Pensiun Alumni ESQ MPP)

https://youtu.be/AQYOK95RNmk


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA