Minggu, H / 28 April 2024

SMK PGRI 13 Surabaya Ciptakan Mokasi (Mobil Kampung Pesilat)

Selasa 22 Sep 2020 14:41 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Mokasi (Mobil Kampung Pesilat)

Foto: Tangkapan Layar

ESQNews.id, JAKARTA – Siswa SMK PGRI 13 di Surabaya, Jawa Timur menciptakan Mokasi (Mobil Kampung Pesilat). Mokasi itu merupakan mobil yang menggunakan tenaga listrik.


Namun, mobil listrik tersebut tidak digunakan untuk pribadi melainkan dimanfaatkan untuk UMKM menjajakan dagangannya dari rumah ke rumah.


<more>


Mobil listrik karya anak bangsa Indonesia itu, dirancang dengan 3 manfaat yang berbeda ada mokasi food, mokasi mart, dan mokasi service.


Mokasi food difungsikan untuk menjual makanan yang sudah matang. Mokasi mart merupakan mobil listrik yang berisi layaknya makanan atau barang di minimarket atau swalayan. Sedangkan mokasi service untuk meberikan pelayanan perbaikan kendaraan secara mobile.


Selain ramah lingkungan, mobil listrik ini bertujuan untuk memfasilitasi lulusan SMK PGRI 13 agar dapat belajar membuka usaha demi mengurangi pengangguran di tengah Pandemi Covid-19.




“Untuk mengurangi pengganguran di tengah covid-19, karena kan banyak karyawan yang dirumahkan lalu untuk SMK kami diusahakan semuanya bisa bekerja,” kata Sri Wiludjeng, Kepala Sekolah SMK PGRI 13 Surabaya.


Dinas Pendidikan Jawa Timur yang ikut meresmikan mobil listrik itu, mengapresiasi inovasi yang diciptakan oleh SMK PGRI 13 Surabaya.


“Atas inovasinya kami memberikan apresiasi, kami harap semua SMK untuk memiliki inovasi dan kreasi-kreasinya,” tutur Wahid Wahyudi saat di wawancara awak media pada Selasa (22/9/2020).




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA