Rabu, H / 17 April 2024

Reaksi Manusia Saat Merasakan Hormon, Simak Paparan dari dr. Zai

Kamis 25 Mar 2021 10:52 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: byjus.com

ESQNews.id, JAKARTA – Dokter Zaidul Akbar seperti biasa memberikan beberapa motivasi dan inspirasinya lewat berbagai media massa, salah satunya Instagram. Ia posting status pada Rabu (24/3/2021). Berikut adalah unggahan selengkapnya yang sudah mendapat respon 152,897 views:


Ketika seseorang merasakan beberapa perasaan berikut:


1. Bahagia: hormon serotoninnya yang berlimpah, sedikit oksitosin dan sedikit dopamin



<more>


2. Cemas: sedikit Hormon Dopamin dan secuil tipis serotonin serta oksitosin




3. Depresi: sedikit Hormon dopamin, lebih sedikit lagi serotonin dan secuil tipis oksitosin




4. Dan saat seseorang merasakan cinta atau kasih sayang maka semua hormon tersebut terisi penuh




Pertanyaannya bagaimana caranya merasakan cinta dan kasih sayang tersebut?


Belajarlah ilmu agama lalu berbuatlah kebaikan sebanyak-banyaknya, gunakan panca indera dan anggota tubuh seoptimal mungkin untuk melakukannya.


Sedekah 20ribu misalnya yang di masukan ke dalam kotak sedekah akan berbeda rasanya saat 20ribu tersebut langsung diberikan kepada orang yang membutuhkan.


Pakaian baik yang di berikan kepada sebuah lembaga kemanusiaan akan berbeda rasanya untuk kita dalam hati saat tangan kita langsung yang memberikannya untuk saudara yang memerlukannya.


Sekedar menitipkan doa kepada saudara yang sakit akan beda rasanya saat kita mengunjungi dan melihat ujian sakitnya, apalagi sakit berat.


Memberi bantuan langsung dengan tangan kita kepada orang yang memerlukan akan memberikan rasa yang berbeda dalam hati kita, benar kan?


Dan di postingan sebelum ini pernah saya posting bahwa reseptor hormon kebahagiaan itu ada di seluruh permukaan kulit kita dan wudhu saja yang kita kerjakan dengan benar sudah mengaktivasi reseptor tersebut, luar biasa kan?


Banyak orang di zaman now yang hatinya perlu disentuh dengan cinta dan kasih sayang karena bisa jadi bukan raga yang sakit tapi hati yang perlu di berikan cinta dan kasih sayang. Dan cinta sesungguhnya adalah obat mujarab untuk berbagai penyakit dan ia ada dalam kitabullah yang penuh cinta yaitu Al-quran yang dimulai dengan pernyataan cinta dariNya.


Jadi gunakanlah panca indera sebaiknya baiknya untuk menunbuhkan perasaan kasih sayang dan cinta itu setiap hari.


Sesungguhnya Allah hanya menyayangi hamba-hambaNya yang penyayang (HR Ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir, dan dihasankan oleh Syekh Albani dalam sahih Al-Jaami’ no 2377).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA