Rabu, H / 17 April 2024

Rokok, Ini Kandungan dan Penyakit yang akan Diderita

Jumat 18 Oct 2019 16:46 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: verywellmind.com

ESQNews.id, JAKARTA – Mengapa orang merokok? Alasan yang kerap kali didengar yaitu: rokok tanda kejantanan, ekspresi perlawanan  dan pemberontakan, kebiasaan sehari-hari (budaya), peer pressure (tekanan teman sebaya), pencapaian kebebasan, pelarian tekanan hidup.


Dan rokok itu sebuah zat aditif yang bila digunakan mengakibatkan bahaya kesehatan bagi diri sendiri maupun masyarakat. Oleh karena itu diperlukan berbagai kegiatan pengamanan rokok bagi kesehatan.


Adapun kandungan rokok yang didapat bahasannya dari penyuluhan UPTD Puskesmas DTP Jatiwangi, Majalengka. Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh.


<more>


Racun utama bagi rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida:

 

. Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru, mengandung bahan kimia yang beracun, sebagian merusak sel paru-paru dan menyebabkan kanker.

. Nikotin adalah zat aditif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat yang bersifat karsinogen, dan memicu kanker paru yang mematikan.

. Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.


Di antara kandungan asap rokok termasuklah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide).


Penyakit akibat merokok: kanker mulut, kanker paru-paru, kanker perut, kanker payudara, penyakit jantung, stroke, kemandulan, bronchitis, osteoporosis dan lainnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA