Minggu, H / 28 April 2024

Investasi Jangka Panjang! Laba Ditahan

Rabu 21 Jul 2021 15:00 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: smartasset.com

ESQNews.id, JAKARTA – Platform Xaham.id bicara soal investasi jangka panjang di akunnya pada Kamis (22/7/2021). Di dalamnya tertera tulisan bahwa dalam investasi jangka panjang ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan seperti Dividen, capital gain, ataupun peningkatan jumlah kepemilikan Xaham karena perusahaan melakukan buyback.

 

Soal dividen, kadang sebuah perusahaan juga bisa menahan labanya dan tidak memberikan dividen untuk melakukan ekspansi terhadap perusahaannya. Tentu saja keputusan ini akan dibahas terlebih dahulu di rapat pemegang saham.

 

Hal ini nantinya akan meningkatkan value dari saham perusahaan, sehingga kita bisa mendapatkan nilai lebih dari dividen ke depannya ataupun capital gain.

 

Misalnya, pada bulan ini seharusnya perusahaan membagikan dividen sebesar 100 rupiah, tapi karena labanya ditahan dan digunakan untuk ekspansi, maka nilai dari saham perusahaan akan naik dalam jumlah tertentu.

 


<more>

 

Hal ini tentunya akan memberi kita keuntungan lebih dalam bentuk capital gain sebagai pemilik saham. Dan karena perusahaan sudah berkembang maka perusahaan menghasilkan lebih banyak keuntungan, sehingga pada pemberian dividen selanjutnya, dividennya akan lebih banyak.


Jadi dalam investasi jangka panjang, Xahamania tidak perlu panik jika perusahaan memutuskan untuk menahan laba dan tidak memberikan dividen pada waktu itu. Karena bisa jadi dividen yang ditahan tadi malah memberikan kamu keuntungan yang berkali-lipat jumlahnya.” – Xaham.id


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA