Senin, H / 13 Mei 2024

Gen Millennial Harus Baca Ini! 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pensiun versi ESQ MPP

Rabu 13 Jul 2022 15:01 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: televisa.com

ESQNews.id, JAKARTA – Menurut sebuah riset dari Sabi Litbang Kompas, millennial adalah generasi dengan segudang kesulitan finansial. Ini karena mereka lahir di era lahirnya teknologi, kualitas lulusan perguruan tinggi yang tidak sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia, adanya fenomena FOMO (Fear of Missing Out) dan YOLO (You Only Live Once), sampai kondisi pandemi yang sudah menginjak tiga tahun.


Sehingga hampir dilupakan bahwa mereka akan memasuki fase pensiun. Usia pensiun menjadi periode yang harus dijemput setiap pekerja. Fase ini adalah ketika harus menjalankan aktivitas rutin namun tidak lagi memiliki sumber pendapatan dari gaji seperti layaknya saat bekerja. Untuk para millennial, meski waktunya masih lama, tak ada salahnya untuk mempersiapkan masa pensiun sejak dini.


<more>


Untuk itu, ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP) membagikan 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pensiun. Teori tersebut berasal dari  sebuah modul yang disusun oleh Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group), di antaranya:


>> Lunasi hutang

Penting bagi kamu untuk memastikan hidup tanpa utang di masa pensiun. Karena itu, pastikan seluruh tindakan keuangan yang dilakukan saat usia muda tidak akan menjadi beban ketika memasuki pensiun.

Kamu juga sebaiknya mengatur agar jumlah utang yang harus dibayarkan setiap bulan tidak menghabiskan sumber daya untuk saving dan berinvestasi. Jadi jangan sampai tergoda untuk berhutang terlalu banyak.


>> Survei biaya hidup di Kota tujuan

Biasanya orang akan memilih kota berbeda untuk menghabiskan hari tua. Jika demikian, mulai lakukan survey untuk menyiapkan estimasi biaya hidup di kota yang akan ditinggali saat pensiun dengan memperhitungkan biaya hidup masa datang. Tujuannya, agar lebih disiplin menyisihkan sebagian pendapatan saat ini untuk kehidupan setelah pensiun nanti.


>> Evaluasi ulang kondisi keuangan

Evaluasi rutin kondisi keuangan sangat penting untuk dilakukan. Memeriksa ulang dana pensiun itu dapat dilakukan setiap 5 tahun atau periode tertentu yang dibutuhkan. Jangan sampai uangnya di masa muda menguap hanya untuk memenuhi gaya hidup masa kini yang cenderung hedon.

Tujuan lain dari evaluasi adalah mengukur strategi investasi yang dijalankan termasuk keberhasilan capaian dana yang terkumpul hingga saat pensiun menjelang. Bila kamu konsisten untuk melakukan evaluasi maka perencanaan keuangan tentu akan lebih baik.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA