Rabu, H / 17 April 2024

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktivitas

Rabu 08 Jan 2020 11:21 WIB

Reporter : Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: usnews.com

ESQNews.id, JAKARTA – Rasa kantuk menyerang kapan saja. Bisa sewaktu bekerja, belajar, menyetir, menonton, membaca dan lainnya. Mengantuk saat beraktivitas merupakan hal yang wajar. Namun, jika ngantuk terjadi secara terus-menerus, tanpa dihindari bisa bahaya.


Akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi. Alangkah baiknya perhatikan hal berikut ini menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya. Serta beberapa cara menghilangkan ngantuk saat beraktivitas khususnya pada siang hari:


  1. Perhatikan pola tidur Anda. Tidur kurang dari 8 jam, dapat menimbulkan rasa ngantuk pada siang hari.

    Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan memajukan waktu tidur. Tetapi jika tidak memungkinkan, tidur siang sekitar 30-60 menit dapat membantu menghilangkan ngantuk.

  2. Bangun dari tempat duduk lalu berjalanlah sekitar 10 menit.




  3. Istirahatkan sejenak mata Anda dan alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit.

  4. Jika Anda berada di ruangan yang redup, cobalah untuk menyalakan lampu.

  5. Berbincang dengan rekan kerja.



  6. Tarik napas yang dalam untuk meningkatkan kadar oksigen di dalam darah dan energi di dalam tubuh.

  7. Minum air mineral lebih banyak untuk mencegah dehidrasi. Sebab, rasa ngantuk bisa muncul ketika tubuh kekurangan cairan.

  8. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Makanan ringan yang rendah gula, seperti kacang, buah-buahan segar, atau yoghurt. Makanan yang enzimnya tinggi, banyak serat, kurangi yang mengandung karbohidrat, minyak, dan makanan olahan.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA