Rabu, H / 17 April 2024

Cara Menjaga Kesehatan Bagi Lansia

Selasa 01 Oct 2019 11:33 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: drugtopics.com

Tingkatkan kepedulian dan cinta kita kepada para lanjut usia, agar mereka mendapatkan kesejahteraan di hari tua. Kalau pergi ke Malaysia, Buah tangannya jangan lupa, Sayangi mereka yang lanjut usia, Dengan merawat dan menjaganya.


ESQNews.id, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, sistem imun dalam tubuh manusia bisa melemah. Oleh karena itu, mulai memasuki usia 40 tahun sebaiknya cek kesehatan secara rutin untuk mengurangi risiko penyakit seperti jantung, osteoporosis, hingga kolesterol tinggi.

Tahukah kalian? Lansia akan menghadapi berbagai gangguan kesehatan yang disebut dengan 5-B, yaitu:

<more>


Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan cara membantu para lansia adalah menjaga dan merawatnya. Menurut Kemenkes ada beberapa cara menjaga kesehatan bagi lansia yaitu:

  1. Tingkatkan kemampuan otak

    Kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika ingin memiliki otak yang prima, cobalah selalu mengasah otak dengan aktivitas seperti mengerjakan Teka Teki Silang, catur, membaca majalah.

  2. Aktivitas fisik

    Biasakan melakukan: aktivitas fisik (mengepel, mencuci, menyapu, dsb.), latihan fisik (senam, berjalan, berenang) sekurangnya 30 menit sehari 3 kali seminggu.

  3. Pengaturan gizi

    Makanlah beraneka ragam makanan, diet sesuai kebutuhan gizi yang dianjurkan sesuai kondisi kesehatan meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Banyak makan sayur dan buah guna kebutuhan vitamin, mineral, dan serat.

  4. Memelihara kebersihan tubuh

    Memelihara kebersihan tubuh secara teratur (mandi 2x sehari dengan sabun mandi), dan gunakan pakaian , serta alas kaki yang nyaman dan aman.

  5. Kelola stres

    Istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.





  6. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

    Menggosok gigi sehari 2x, apabila menggunakan gigi palsu dilepas dan dibersihkan setiap hari.

  7. Check up rutin

    Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, sekurang-kurangnya 1 tahun sekali, untuk deteksi dini terhadap penyakit kronis, dan gunakan obat sesuai anjuran petugas kesehatan.

  8. Tidak merokok

    Jauhi asap rokok dan zat adiktif lainnya (tidak merokok, minuman keras, ganja).

  9. Kembangkan hobi sesuai dengan kemampuan

  10. Mendekatkan diri kepada Tuhan

  11. Bahagia dan sejahtera di usia senja

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA