Rabu, H / 17 April 2024

Sportivitas Lomba Antar Kelas

Selasa 28 Dec 2021 13:34 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Lomba Berlangsung

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh : Mushlihin, guru MA Muhammadiyah 8 Takerharjo Solokuro Lamongan


ESQNews.id, JAKARTA - Betapa kagum saya kepada IPM MAM 8 Lamongan yang menggelar lomba antar kelas. Istilahnya class meeting. Pelaksanaannya 21-23 Desember 2021. Puluhan siswa siswi bergabung, baik yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik. Khususnya siswa yang kerap membolos. Biarpun semua siswa diwajibkan menyumbang.


Kepala madrasah, Bu Sri Ismanifah membuka acara dengan bacaan basmalah. Sarjana ekonomi UMM tersebut menyampaikan bahwa tema lomba adalah mengembangkan nilai kebersamaan antar siswa menuju insan yang sportivitas, yakni sikap adil (jujur) terhadap lawan; sikap bersedia mengakui keunggulan (kekuatan, kebenaran) lawan atau kekalahan (kelemahan, kesalahan) sendiri.




Di antara yang dilombakan yaitu pidato atau kultum 3 bahasa. Pembukaannya bahasa Arab, isinya bahasa Inggris, dan penutupnya bahasa Indonesia. Tempatnya di halaman madrasah, di atas panggung, di bawah pohon sawo kecil. Jurinya bapak dan ibu guru MAM 8 Takerharjo Solokuro Lamongan serta mahasiswa UMSurabaya.


<more>


Sesudah itu lomba puisi, mengaji, nyanyi, melukis, catur dan cerdas cermat. Panitia hendak menempatkannya di aula. Saya mencegahnya. Mereka mematuhinya. Ternyata hujan turun. Kami pun masuk aula. Suasananya malah meriah. Sementara saya merasa bersalah sendiri.


Pada hari kedua digelar lomba bulutangkis, voli, tolak peluru, lempar lembing, tarik tambang, lari dan kasti. Cuacanya sangat panas. Justru perlombaan memanas, tetapi menjunjung tinggi sportivitas. Sebab di antara tata tertibnya ialah don't baper. Emosian mantuk mawon.




Adapun pada hari ketiga lomba memasak ayam geprek. Pesertanya para siswa. Lantaran kelas 12 tidak ada siswinya. Meskipun demikian, masakan mereka nikmatnya tiada ujung. Padahal mereka belum berpengalaman. Peribahasanya belum tahu di pedas lada.




Selanjutnya class meeting di tutup. Juara satu kelas 12, memperoleh 11 emas. Juara 2 kelas 10, memperoleh 8 emas. Juara tiga kelas 11, memperoleh 7 emas. Hadiahnya berupa alat kebersihan, perlengkapan kelas, dan seuntai kalung dari makanan ringan. Perlombaan itu sangat berkesan, dan tidak akan saya lupakan sepanjang hidup.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA