Rabu, H / 15 Mei 2024

Bocorkan Kegiatan Selepas Pensiun, Alumni Training ESQ MPP Memulai Hobi Menjadi Rintisan Bisnis

Senin 17 Jul 2023 13:26 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Berbagai peserta hadir dalam Webinar ESQ Masa Persiapan Pensiun (MPP) Publik dari beragam instansi dan perusahaan telah menjalani serangkaian kegiatan mulai hari Jumat, 14 Juli 2023 secara online melalui media zoom.


Kali ini, Webinar Sejuta Senyum Pensiun dari ESQ Masa Persiapan Pensiun (MPP) menghadirkan alumni Training ESQ MPP sebagai narasumber yang kini sebagai pemilik usaha kolam bioflok dari PLN Suralaya yaitu Edi Bagindo.


Didampingi dengan Yodi M. Ahyad selaku entrepreneur dan pembicara ESQ MPP yang membuka webinar dengan sharing bagaimana menata hobi menjadi rintisan bisnis di masa pensiun.


“Bisakah memulai bisnis dari sebuah hobi? Tentu. Mulailah dari yang paling mudah yakni apa yang bapak/ibu kuasai.” Yodi M. Ahyad yang akrab dipanggil Yodi tersebut memberikan tips kepada para peserta yang hadir dalam zoom online.



Webinar dengan tajuk Dari Hobi Jadi Rintisan Bisnis di Masa Pensiun ini berjalan selama satu setengah jam mulai dari 14.00 hingga 15.30 WIB.


Pembicara ESQ MPP tersebut juga membagikan 3 kunci sukses wirausaha yakni yang pertama adalah skill atau keterampilan, bagaimana sebelum memulai bisnis harus memiliki keilmuan atau knowledge pada bidang yang akan ditekuninya.


“Kemudian credibility atau kepercayaan. Lakukan yang terbaik sehingga kepercayaan itu muncul. Seperti kalimat kita tidak tahu kapan malaikat lewat, tapi apabila selalu mengerjakan dengan baik maka kita tidak akan terlewatkan malaikat.” Lanjut Yodi.


<more>


Menambahkan pada poin ketiga, “Network juga menjadi kunci sukses, bergabunglah dengan komunitas atau organisasi dengan cara yang sopan.”


ESQ Merancang program, metode, layanan, dan pelatihan Masa Persiapan Pensiun secara komprehensif dengan pendekatan Kecerdasan Spiritual (SQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Intelektual (IQ) berdasarkan pengalaman ESQ yang sudah terbukti dan teruji. Sehingga masa pensiun menjadi episode yang penuh kebermaknaan, kebahagiaan, kesehatan, dan kesejahteraan.


Hal tersebut sudah dinikmati oleh salah satu alumni training ESQ MPP yakni Edi Bagindo dari PLN Suralaya yang saat ini sudah menjadi pemilik usaha kolam bioflok.


Edi Bagindo menjalani masa pensiun dengan melakukan aktivitas yang menjadi hobi atau hal yang disukai, bahkan dapat menghasilkan pemasukan baru bagi masa pensiun. Sehingga masuklah dalam fase Pensiun Bahagia, Sehat Sejahtera Penuh Makna.


“Pada saat training ESQ MPP, kita tersadar bahwa ternyata setelah pensiun kita jangan sampai berbisnis hanya mencari keuntungan semata, namun memberikan kesejahteraan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.” Tutur Edi Bagindo di hadapan para peserta di media zoom.



Pemilik usaha kolam bioflok tersebut juga menambahkan bahwa sudah sepatutnya menanyakan kepada diri mengenai kehidupan ini apakah hanya untuk sekedar mencari kenikmatan dunia? Bukankah kita semua sedang bersiap untuk masa yang lebih panjang dan abadi, yakni kenikmatan hari akhir.


Sehingga, dalam bisnis pada masa pensiun, Edi Bagindo membangun usaha kolam bioflok bukan semata-mata meraup keuntungan demi diri sendiri, namun mencari kebermanfaatan sebagai bekal menjemput kenikmatan akhirat.


Bioflok sendiri adalah salah satu teknologi untuk budidaya ikan dengan teknik rekayasa lingkungan mengandalkan pasokan oksigen serta pemanfaatan mikroorganisme yang secara langsung bisa meningkatkan nilai kecernaan pakan.


Melalui kolam bioflok yang dirawatnya pagi, siang, sore, bahkan Edi mengaku bisa merawatnya hingga malam. Edi berbagi kepada seluruh peserta bagaimana prosesnya untuk dapat menyalurkan hobi menjadi rintisan bisnis di masa pensiun.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA