Jumat, H / 29 Maret 2024

Leaders Kemenko Marves Menginternalisasikan Core Values Ber-AKHLAK di Lingkupnya, ACT Consulting Siap Dampingi

Rabu 24 Nov 2021 15:58 WIB

Reporter :EDQP

Budi Purwanto, Kabiro Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Budi Purwanto, Kabiro Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) hadir dalam acara Internalisasi Core Values Ber-AKHLAK di lingkup Kemenko Marves. Acara ini digelar selama 2 hari pada Rabu-Kamis (24-25/11/2021) melalui Zoom Meeting.


Seperti yang diketahui bersama, tepatnya bulan Juli 2021 lalu, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Core Values Ber-AKHLAK di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN). Saat launching, Jokowi menjabarkan akronim dari Ber-AKHLAK yakni Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.


<more>


Jokowi berharap Core Values Ber-AKHLAK menjadi pondasi baru bagi ASN di Indonesia dan para ASN juga harus menjiwai Employer Branding ASN #BanggaMelayaniBangsa.


Untuk itu, Budi memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan yang berlangsung secara online tersebut. Ia mengatakan bahwa Core Values Ber-AKHLAK sudah pernah diinternalisasikan kepada semua unit serta rekan pegawai di kehidupan sehari-hari, di antaranya melalui desain poster yang disebar di lingkungan kerja, nilai-nilai Ber-AKHLAK sudah disebarkan melalui Media Sosial atau website, dan lainnya.


“Kami juga selalu menampilkan Core Values Ber-AKHLAK ini di saat pertemuan-pertemuan dalam sebuah kegiatan. Kita juga sosialisasikan kepada change leaders atau pimpinan di Kemenko Marves agar selaras dengan yang diharapkan Presiden RI kita. Mengapa? Karena ini menjadi bagian penting di kehidupan kita sehari hari,” katanya dengan tegas.




Perhelatan yang mengusung tema “Penguatan dan Evaluasi Agen Perubahan” tersebut dihadiri oleh sekitar 91 orang dari change agent dan change leaders Kemenko Marves. Mereka dipandu langsung oleh Coach Eka Chandra dan Bayu (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian). 


Sebelum para trainer memaparkan materinya, Luki Alamsyah selaku salah satu direktur di ESQ Group menyapa partisipan yang hadir, mewakili Ary Ginanjar.




Ia mengatakan bahwa sebuah tim atau orang yang ada di dalam organisasi serta Lembaga, sangat perlu adanya support dari pimpinannya.


“Karena dari pengalaman kami menunjukkan bahwa support dari pimpinan sangat dibutuhkan untuk kesuksesan tim sebesar 90%. Mereka akan menjadi lebih semangat menjalankan program-program yang telah dicanangkan di Kemenko Marves,” ucap Luki sambal tersenyum.


Baginya, leaders juga harus menjadi role model di seluruh lingkup kerja. Oleh karena itu tim dari ESQ dan ACT Consulting siap dukung program-program yang ada di Kemenko Marves.




Suasana saat kegiatan tak melulu serius dan penuh teori, namun adanya aktivitas seperti senam ringan diiringi lantunan lagu yang energic serta game. Di sela-sela sesi, Bayu memandu para peserta agar berdiri sejenak dan menggerakan badannya untuk senam ringan. Dengan begitu, diharapkan para peserta menjadi lebih antusias hingga akhir acara.


Mereka pun tampak bahagia, bersemangat dan enjoy mengikuti arahan dari Bayu, terlihat dari dokumentasi saat acara berlangsung.




Kemudian Eka Chandra menjelaskan hubungan antara senam ringan, saling menyapa orang di dalam zoom, permainan, melemparkan senyuman dan lainnya dengan pelatihan kali ini.


“Inilah senang-senang ala insan Kemenko Marves. Hal tersebut bisa berpengaruh kepada kinerja bapak dan ibu. Karena ketika kerja, tak hanya kompetensi saja yang dibutuhkan namun tetap perhatikan mental state kita atau kondisi mental yang terbaik. Sehingga selalu timbul hal atau energi yang positif,” papar Eka dari Studio lantai 18 Menara 165.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA