Kamis, H / 28 Maret 2024

Sinergi ESQ Kemanusian Bersama Pegadaian dalam Mengembangkan Program Pesantren Berdaya Hafidz Entrepreneur School

Rabu 19 Jan 2022 11:57 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Pesantren merupakan institusi pendidikan tertua yang ada di Indonesia. Penerapan sistem pendidikan yang diterapkan di Pesantren, tidak hanya terbatas dalam pendalaman ilmu dan keterampilan agama (mutafaqqih fiddin), tetapi juga mempelajari ilmu dan teknologi serta penerapan nilai dan moral sosial kemasyarakatan.


Sistem pendidikan ini kemudian menjadikan Pesantren sebagai institusi yang strategis dalam pembangunan manusia Indonesia yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.




Sejalan dengan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, PT Pegadaian (Persero) memberikan perhatian pada Bidang pendidikan melalui Program Pesantren Berdaya Hafidz Entrepreneur.


Program ini merupakan program yang diterapkan di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti, di Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Program ini bercita – cita untuk mempersiapkan individu di lingkungan pesantren yang unggul dan berkualitas menuju ummat yang terbaik (Khoiru Ummah) dalam keilmuan agama islam (mutafaqqih fiddin) maupun pengetahuan serta keterampilan khusus menuju kemandirian.




Peran PT Pegadaian (Persero) melalui program di bidang pendidikan ini merupakan sebuah bentuk nyata Perusahaan terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sebagaimana merupakan program Pemerintah Indonesia dalam memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia, memperbaiki kualitas hidup masyarakat, meningkatkan kemampuan kewirausahaan dan profesionalisme, ikut dalam pelestarian alam, dan secara tidak langsung ikut dalam rangka pengentasan kemiskinan.


<more>


Sebagai pelaksana dan pendamping, program ini dilaksanakan oleh ESQ Kemanusiaan. ESQ Kemanusiaan sudah melaksanakan program ini dibanyak pondok pesantren dengan hasil kemandirian yang produktif bagi pondok pesantren yang di dampingi, sehingga berkembang dengan potensinya sendiri.




Program ini terbagi ke dalam 4 sub kegiatan yakni: peternakan melalui budidaya kambing dan kelinci, perikanan melalui sistem Bioflok, pertanian hidroponik organik, dan pengolahan sampah composting yang menghasilkan media tanam dan pupuk cair organic (pupuk PSB bakteri fotosintesis).


Pelatihan maupun dukungan sarana dan prasarana dalam program ini diharakan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di lingkungan Pesantren, mampu mandiri berjalan berkelanjutan. (Red : ESQ Kemanusiaan) 




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA