Jumat, H / 17 Mei 2024

Kuliah Data Science Lagi Naik Daun Di ESQ Business School

Selasa 07 Mar 2023 12:24 WIB

Reporter :Nisa Mufidah

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Ramai bisik-bisik tentang gaji ahli data science, yuk simak sebenernya apa sih data science itu?

 

Data science bicara tentang ilmu yang menggabungkan bidang tertentu dengan keahlian matematika, pemrograman, dan statistik. Tujuannya untuk menghasilkan pengetahuan atau sebuah informasi dari data yang tersedia.

 

Ilmu data science ini sangat banyak dibutuhkan, mulai dari pada bidang kesehatan, bidang finansial, hingga e-commerce.



Sayangnya, lulusan yang mempelajari tentang data science ini masih tidak sebanding dengan banyaknya kebutuhan pada bidang-bidang tersebut. Sehingga, gaji untuk bagian data science ini termasuk dalam jajaran gaji yang lumayan loh!

 

Melansir dari detikedu, karena masih sedikitnya sumber daya manusia dalam bidang data science, maka di Indonesia termasuk dalam gaji yang tinggi. Mulai dari data scientist junior bisa mendapatkan gaji mulai dari 7-10 juta rupiah. Kalau sudah pakar, gajinya bisa di atas 10 juta.

 

Besaran gaji ini dikarenakan kurang lebih 12% dalam perusahaan yang memiliki kepentingan belum sepenuhnya faham bagaimana cara menganalisis big data. Dan adapula 10% perusahaan masih kekurangan sumber daya manusia yang ada pada bidang data science.


<more>

 

Data science ini menurut dari California University, salah satu pekerjaan yang berkembang terus sejak tahun 2017. Nah, beberapa contoh pekerjaannya adalah data scientist, data engineer, dan data analyst.

 

Untuk mempelajari dan memperdalam Ilmu Data Science ini, bisa didapati di program studi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi di ESQ Business School di Jakarta Selatan. Beberapa alumni ESQ Business School juga ketika lulus sudah menjadi ahli data science di perusahaan ternama.



 

Salah satu alumni ESQ Business School, Mochamad Khoiron, S.Kom setelah menjalani kuliah jurusan Sistem Informasi, sekarang sudah bekerja sebagai data engineer di Cakap. Pun dengan Muhammad Velly Ibrahim, S.Kom, alumni program studi Sistem Informasi Sekarang merintis karir sebagai business data analyst di Persolkelly.

 

Dalam program studi Sistem Informasi, untuk data scientist akan diberikan modul mengenai data warehouse, data visualization, dan data mining. Begitu pula dalam program studi Ilmu Komputer yang mempelajari data science.

 

“Banyak sekali yang aku dapatkan selama berkuliah di ESQ Business School. Skill data yang aku dapat seperti Basic sql (basis data), Basic data visualisasi, Ilmu porses bisnis dan industri, Matematika bisnis dan statistik, masih banyak lagi,” kata Pria yang akrab disapa Velly.

 

Lebih lanjut, “Selain itu, aku juga mendapat skill problem solving dengan ilmu komunikasi.”



 

“Selain mendapat kurikulum pembelajaran yang bagus di ESQ Business School, di kampus yang didirikan oleh Pak Ary Ginanjar Agustian ini terdapat program pemberdayaan masyarakat. Dan saat itu aku harus pergi keluar negri. Dengan beberapa teknik yang diajarkan para dosen itu membantu kita agar percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang luar menggunakan Bahasa Inggris.”

 

Ia juga menceritakan perjalanan singkatnya, bahwa setelah lulus kuliah di ESQ Business School, dia langsung bekerja di Diageo Indonesia. Dan ternyata, sebelum lulus pun ia sudah kerja di Telkom Indonesia serta Astra.



 

Nah, kamu mau juga belajar data science? Yuk bergabung di ESQ Business School dengan cara mendaftar di website ini


Kemudian registrasi akun secara online/konsultasi via whatsapp, jika sudah registrasi lalu melakukan pembayaran formulir sebesar 200.000, mengisi data diri dan aktivasi akun, test akademik, bahasa inggris, psikotes, dan wawancara.

 

Jika sudah, tunggu pengumuman dan melakukan daftar ulang sesuai dengan prosedur ya! Kami tunggu kamu menjadi data science yang handal di ESQ Business School.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA