Selasa, H / 21 Mei 2024

ACT Consulting International Jabarkan Teknik Mindfulness dan Trik Jitu Lain dalam Persiapkan Future Leader di Bank BNI

Selasa 21 Feb 2023 18:38 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Menyadari adanya tantangan era baru khususnya persaingan bisnis dalam kondisi saat ini sehingga membutuhkan leader yang memiliki mental tangguh. Seorang leader yang bisa menemukan dan memilih makna serta tujuan hidup tertinggi dalam mengatasi tantangan saat ini. Karena semua itu akan berdampak kepada performa kinerja di suatu perusahaan.


Salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai target yang diharapkan yaitu adanya kerjasama yang baik (engagement) antar leader dan team. Selain pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, adanya kerjasama teamwork yang baik juga dapat meringankan beban kerja, mendapat lebih banyak informasi cara menyelesaikan suatu permasalahan, saling memberikan support serta menghasilkan lebih banyak ide kreatif dan inovasi.




Maka dari itu untuk mewujudkannya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggandeng ACT Consulting International untuk mengadakan workshop dengan tema : Workshop First Line Manager Leadership Program Batch 4 - Dari Hati Untuk BNI Becomning Mindful Leader PT Bank Negara lndonesia (Persero) Tbk.


Gelaran ini diikuti oleh 33 orang peserta selama dua hari, pada tanggal 16-17 Februari 2023 di Ruang Multiguna Gedung BNI Corporate University Jakarta. Workshop ini dibawakan oleh Coach Heidy Akhadi dan di damping oleh Coach Sandi Muharam Agustian. Keduanya adalah trainer dari lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian.




Dalam kesempatannya, telah hadir Elang Satriana Alam selaku Learning Consultant BNI Corporate University untuk memberikan sambutannya.


“Dalam hidup, tidak hanya menata pikiran kita saja namun juga menata hati kita. Nah selama dua hari ini kita akan menata hati & pikiran kita. Serta kita juga akan tahu bagaimana cara berperilaku & berpendapat yang elegan terhadap atasan, staff dan lingkungan.” 


Lebih lanjut, “Mengapa ini penting? Karena dengan membuka hati dan pikiran, kita akan bisa menerima dan menyikapi pengetahuan dengan kedewasaan kita. Selamat mengikuti kegiatan 2 hari ini.”


Ia berharap dengan program yang diadakan oleh ACT Consulting International ini dapat menjadikan para peserta yang mindful leader. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup personal maupun profesional sehingga akan membantu menjadi excellence leader.


<more>


Output dari workshop ini diharapkan para peserta yang menjadi leader dapat menginternalisasikan meaning & purpose, and mindfulness kepada setiap anggota tim di unit kerjanya masing-masing.


Seperti yang dikatakan oleh Founder ACT Consulting International, Ary Ginanjar bahwa kita harus memahami mana area yang dapat di kontrol dan mana yang tidak. Realita atau kondisi apapun yang kita hadapi, jikalau kita bisa respon dengan baik, maka result akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kuncinya adalah respon, sebab result akan tergantung dari respon yang dilakukan.


“Dorongan mencari kebenaran, keadilan, kedamaian dan kasih sayang adalah energi potensi yang dimiliki setiap manusia. Energi potensi ini diciptakan Tuhan dan dianugerahkan kepada manusia. Energi ini memiliki dorongan yang sangat kuat dan manusia tidak akan pernah berhasil menahannya - Ary Ginanjar Agustian”




Oleh karenanya Ary membuat sebuah program ini yang berkaitan dengan Mindful Leader. Mindful leadership adalah melaksanakan kepemimpinan dengan penuh kesadaran. Tujuan utama menjalankan mindful leadership yaitu untuk berhati-hati dalam bertindak. Dengan menerapkan mindful leadership yaitu seorang pemimpin dapat mengontrol respon terhadap suatu input sehingga nantinya output yang dihasilkan akan lebih tepat.


Lalu bagaimana cara untuk menggapai itu semua? Ada salah satu praktik yang baik untuk menjaga kesehatan mental yang disebut Mindfulness. Mindfulness bertujuan membuat seseorang lebih fokus dan memusatkan perhatian terhadap situasi saat ini, menerimanya serta tidak menghakimi. 


Mindfulness akan membuat orang yang mempraktekkannya lebih mencintai diri sendiri. Teknik relaksasi ini bermanfaat untuk menjernihkan pikiran dari hal-hal negatif, dapat memunculkan ide kreativitas dan meningkatkan performance kinerja menjadi lebih baik.




Coach Sandi mengatakan, "Menjadi seorang pemimpin yang mindful sangat penting. Ketika mindful (sadar, hadir) kita dapat memimpin dengan lebih efektif, mengambil keputusan yang lebih baik, dan berkomunikasi dengan tim tentu menjadi jauh lebih baik dan efektif.”


Adapun Penelitian yang dilakukan oleh Davis & Hayes pada tahun 2012 membuktikan bahwa mindfulness berperan dalam pengendalian ruminasi serta meningkatkan proses mental seperti working memory, fleksibilitas dalam berpikir hingga neningkatkan kepuasan dalam berfikir hingga meningkatkan kepuasan dalam hubungan.




“Hal yang membuat stres sekecil apapun yang disimpan dalam pikiran dan perasaan maka akan menyebabkan masalah pada fisiologi. Pada saat kondisi sedang banyak memikirkan pekerjaan, pengambilan keputusan atau stres, sebenarnya gelombang otak kita sedang dalam posisi "Beta" sehingga sangat sulit untuk menerima masukan, penjelasan detail,” papar Coach Heidy.


Maka dari itu, katanya, supaya kita mudah menerima penjelasan materi pembelajaran maka gelombang otak harus diturunkan terlebih dulu pada posisi "Alpha" dimana tubuh dalam kondisi bahagia, rileks, dan tenang (single focus). Untuk menurunkan gelombang otak kita menjadi gelombang Alpha, salah satu caranya dengan menghembuskan napas perlahan-lahan (breathing technique). 




“Bad feeling create bad action. Good feeling create good action.”


Heidy melihat semangat dan kegigihan para peserta selama beraktivitas.




“Teman teman saya yakin dan percaya Indonesia aman karena akan lahir calon calon pemimpin hebat dari ruangan ini. Sebisa mungkin apapun kondisinya bersama sama kita tetap happy dan sehat secara mental.”




Para calon pimpinan di Bank BNI merasa tercerahkan setelah mengikuti pelatihan dari ACT Consulting International selama 2 hari ini. Mereka memberikan feedback atau testimoni positif terhadap apa yang didapatkan sebagai berikut:


A Umiaty Reski Amaliah, “Di sini saya mendapat materi yang luar biasa. Yang difasilitasi oleh ACT Consulting International. Ternyata dalam hidup itu, kita harus tahu atau punya grand why. Dalam artian hakikat hidup kita. Saya juga mendapat wawasan terkait bagaimana mengelola mindset kita.”


Lebih lanjut, “Materi ini sangat menarik dan dibawakan oleh coach dari ACT Consulting International yang sangat kompeten dan semangat. Materinya disampaikan dengan begitu membumi. Ilmu ini sangat bermanfaat bukan hanya sebagai insan BNI tapi ke depannya bisa diaplikasikan dalam keseharian. Semoga kita bisa bertemu kembali di pelatihan yang lain.”




Silvyani Putri Sihotang, “Yang saya rasakan selama dua hari ini tuh happy karena aktivitasnya dibawa fun. Sangat banyak sekali pelajaran yang didapat tentang menghadapi orang lain. Bagaimana caranya kita akan bereaksi akan sesuatu baik itu secara otomatis maupun secara mindful ini sangat penting dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kapasitas diri, lebih mengenal diri kita sendiri agar pekerjaan atau aktivitas lainnya yang akan kita lakukan itu bener bener kita lakukan dari hati dan secara sadar.” 


Ia berharap, “Semoga saya dan teman teman yang mengikuti training ini akan lebih mengetahui apa yang kita lakukan itu sudah sesuai dengan diri kita atau belum. Lalu, kita jadi lebih mengetahui tujuan hidup kita, tersadar akan merespon sesuatu. Sangat membantu kita untuk menjadi leader yang sangat amat baik dan memberikan kita bekal untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan kita.”




Putu Adyan Citananda, “Sangat menarik khususnya materi tentang mindful mindset ini penting banget karna jaman sekarang kan jaman fluktuatif dan tekanan juga makin menjadi jadi. Sehingga membuat pikiran kita jadi stres. Setelah mendapat pelatihan ini saya merasa sangat bagus untuk melatih pikiran kita agar tidak stres berkepanjangan. Dan dikasih tahu bagaimana nge-handle saat situasi sedang tertekan. Maka dari itu, jangan lupa bahagia dan jangan stres terus terusan ya.” 




Ambo Jonathan L Gultom, “Kita diajarkan dan dibentuk bagaimana untuk menjadi leader yang mindful. Di sini ACT Consulting International membawakan beberapa hal secara teoritis dan juga praktek agar dapat kita lakukan sehingga berdampak kepada pekerjaan kita sehari harinya. Menurut saya mengapa pelatihan ini menjadi penting karena kadang saat kita ingin mencapai tujuan tertentu kita hanya fokus kepada tujuannya namun kita kadang melupakan bagian bagian yang penting yaitu people, kita, dan juga tim.


“Sehingga pelatihan ini dapat membentuk kita untuk menjadi role model. Agar purpose atau tujuan yang ingin kita capai dapat diwujudkan dengan tepat, aktual, cepat. Harapannya melalui training ini saya bisa membawa behavior yang baru untuk dapat dipraktekkan dalam pekerjaan sehari hari bersama tim dan rekan rekan di kantor. Sehingga hal hal yang ingin kita capai bersama khususnya di BNI ini dapat kita lalui dengan baik.”








Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA