Selasa, H / 21 Mei 2024

Bupati Serang dan Dewan Pembina FKA ESQ Banten Raih Penghargaan dari Portal Harian Umum Kabar Banten

Kamis 10 Nov 2022 14:32 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BANTEN - Pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22, Harian Umum Kabar Banten, memberikan penghargaan pada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan tokoh Banten Embay Mulya Syarif.

 

Penghargaan pada dua tokoh berpengaruh tersebut diberikan pada puncak HUT ke 22 Kabar Banten, di Kantor Harian Umum Kabar Banten, Jl Ahmad Yani 72, Kota Serang, Senin 31 Oktober 2022. 

 

Penghargaan yang diberikan pertama kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sebagai Kepala daerah terbaik, komunikatif, inspiratif, aspiratif dalam pembangunan.

 

Sedangkan penghargaan kedua diberikan pada tokoh Banten sekaligus Ketua Umum PB Mathla'ul Anwar Embay Mulya Syarif sebagai tokoh aspiratif dan peduli pers.

 

Sebagai informasi, Embay Mulya Syarif juga merupakan tokoh berpengaruh di Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ Banten yang dinakhodai oleh Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group). Posisi Embay sekarang yaitu sebagai Dewan Pembina dan Penasehat wilayah Banten.

 

“Terimakasih penghargaannya, setelah ini harus terus berbagi baik materi maupun ilmu sambil kita terus menanamkan nilai-nilai Budi Utama ke masyarakat,” ucap Embay.

 

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat Rachmat Ginandjar mengatakan tasyakuran bini'mah ke 22 tahun Kabar Banten atau yang dulu bernama Fajar Banten sebagai bentuk rasa syukur.

 

Walau sederhana namun tidak menghilangkan makna tasyakur binikmah pada Allah SWT. Sehingga kita bisa terus menjadi orang yang bersyukur. 

 

Ragin sapaan akrabnya mengatakan, selama dua tahun kebelakang kita semua menghadapi musibah pandemi Covid-19. Media menjadi salah satu bidang usaha yang terdampak akibat Pandemi Covid-19 tersebut.

 

Bukan hanya di daerah, bahkan media di nasional pun banyak yang berhenti ditengah jalan dan berganti ke platform lain. 

 

Sehingga ketika Kabar Banten yang memadukan berbagai platform dan berhasil bertahan hingga usia 22 tahun menjadi berkah tersendiri. 

 

"Pada usia 22 tahun, sejak tahun lalu kita terus mencoba bertransformasi membangun platform lain (digital)," ucapnya.

 

Hal tersebut juga dilakukan oleh Pikiran rakyat selaku induk perusahaan Kabar Banten. Dimana Pikiran Rakyat membentuk platform usaha Pikiran Rakyat Media Network.

 

Sehingga jika rangking grup PRMN berada di peringkat 1, 2, 3 nasional dan mampu bersaing dengan portal nasional lainnya. 

 

"Konten yang kita muat di platform itu juga bisa tersebar dan bisa dimanfaatkan stakeholder. Ketika bermitra dengan kita ada manfaat signifikan untuk publikasi dan lainnya," tuturnya.

 

Dirinya pun memuji kemitraan dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah selama ini. Ragin berharap kemitraan tersebut bisa menguntungkan Kabupaten Serang juga Kabar Banten.

 

Selain itu hubungan Kabar Banten dengan tokoh Banten Embay Mulya Syarif pun dianggap tidak ada jarak. 

 

"Kalau ada apa apa selalu dengan haji Embay," ucapnya.

 

Ragin berkomitmen agar Kabar Banten bisa terus bertahan. 

 

Dirinya berharap usia ke 22 tahun Kabar Banten menjadi Momentum untuk merangkak dan bergerak kembali. 

 

Sebab menurut dia jika ingin bersaing, pasca Covid adalah momentumnya. Sebab saat ini semua kembali ke posisi nol. 

 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, “Dalam sudut pembangunan, diri saya menerapkan konsep pentahelix."

 

Sebab konsep itu penting dilakukan karena tidak mungkin Pemda melakukan pembangunan seorang diri. 

 

"Karena ada keterbatasan berbagai sisi anggaran personel kemampuan. Dengan prinsip Kebersamaan ada perguruan tinggi, media itu tidak bisa terpisahkan," ujarnya.


<more>

 

Tatu mengaku sangat terbantu dengan kehadiran media. 

 

Sebab dengan media semua kegiatan yang dilakukan Pemkab Serang bisa tersampaikan kepada masyarakat. 

 

Begitu pula aspirasi dari masyarakat banyak yang disampaikan media kepada dirinya. 

 

Sehingga dengan personel dan anggaran terbatas, adanya wartawan di lapangan sangat membantu dengan cepat memberikan informasi penting yang harus langsung direspon pemkab.

 

"Informasi dari media ini bentuk pertanggungjawaban kami kepada masyarakat. Jadi saya merasa bahwa apresiasi yang diterima kami Pemda baik dari pusat, lembaga, lainnya itu bagian keberhasilan kerjasama dengan media. Rasanya kalau program tidak disampaikan ke masyarakat tidak mungkin ada apresiasi, ini peran teman teman media," tuturnya.



 

Menurut dia, media adalah bentuk investasi yang harus dijaga pemerintah. Dalam konsep pembangunan pentahelix tidak mungkin pemerintah membiarkan media hilang. 

 

"Kalau sampai (media) tutup saya pribadi itu bagian kesalahan kami sebagai pemerintahan. Ini perusahaan yang ada karyawan punya keluarga dan hak harus diselamatkan pemerintah sama dengan usaha lainnya yang dipertahankan hidup seperti UMKM," ucapnya.

 

Sementara Tokoh Banten sekaligus Ketua Umum PB Mathla'ul Anwar Embay Mulya Syarif mengatakan memberikan ucapan selamat pada HUT ke 22 Kabar Banten. 

 

Dirinya berharap agar Kabar Banten terus tumbuh menjadi usaha yang diberikan barokah.

 

Bahkan ia pun berharap agar Kabar Banten tidak hanya 22 tahun namun mampu bertahan 1000 tahun.

 

Kegiatan ulang tahun ke 22 Kabar Banten digelar sederhana dengan doa bersama dan diisi tausiyah dari H Embay Mulya Syarif. 

 

Selain itu dilakukan juga pemberian penghargaan pada sejumlah karyawan Kabar Banten.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA