Kamis, H / 28 Maret 2024

Perdana! Sinergi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dengan ACT Consulting dalam Luncurkan Core Values Ber-AKHLAK, Dihadiri oleh 17 Kementerian

Rabu 27 Oct 2021 15:15 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat acara berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Telah berlangsung Soft Launching Core Values dan Panduan Perilaku Ber-AKHLAK di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) pada Rabu (27/10/2021) secara daring dan luring.


Ber-AKHLAK merupakan nilai dasar atau Core Values ASN yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bulan Juli 2021 lalu. Ber-AKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Selain itu, juga diresmikan employer branding ASN sebagai semboyan, yakni Bangga Melayani Bangsa.


Proses peluncuran ini hasil sinergi antara pihak Kemenko Marves dengan ACT Consulting.


Acaranya dilaksanakan secara luring dari lantai 2 Gedung BPPT 1, Jakarta Pusat. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Sedangkan sistem daring melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh sekitar 230 orang dan YouTube sekitar 113 viewers.



<more>


Odo R.M Manuhutu (Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kemenko Marves), Alex Denni (Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) hadir melalui platform Zoom, bersama para eselon 1 dari pihak eksternal dan 17 Kementerian lainnya. Sedangkan Budi Purwanto (Kabiro Hukum), Ary Ginanjar Agustian (CEO ACT Consulting) bersama tim hadir secara langsung dari Gedung BPPT 1.




Plt. Sesmenko mengingatkan bahwa insan Kemenko Marves harus menjalankan arahan dari Presiden RI yang telah meluncurkan Core Values Ber-AKHLAK, kemudian dieksekusi oleh Luhut Binsar (Menko Marves). Namun, menurut Odo, perlu disadari bersama bahwa Values itu hanya 1% sedangkan 99% adalah mengimplementasikannya.


Menko Marves mengatakan dalam sebuah tayangan video bahwa sebagai ASN yang mempunyai jiwa melayani dan membantu masyarakat wajib menanamkan Core Values Ber-AKHLAK di dalam diri masing-masing. Dengan demikian, adanya Core Values ini, para ASN semakin memberikan pelayanan yang terbaik.




Hal tersebut dibenarkan oleh Odo, ia menanggapi, "Indonesia dikenal sebagai bangsa Maritim dan harus menjadi landasan Core Values Ber-AKHLAK. Oleh karenan itu, masing-masing dari kita harus melaksanakan Core Values Ber-AKHLAK untuk mempercepat upaya kita dalam berbagai inovasi serta menyelesaikan permasalahan bangsa."




Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Alex Denni. Ia mengatakan bahwa ekspektasinya kepada seluruh Kementerian Lembaga dan Daerah adalah segera melakukan penyesuaian Core Values Ber-AKHLAK.


"Terimakasih kepada Kemenko Marves sudah menyesuaikan Core Values Ber-AKHLAK ini di lingkungannya. Ini adalah komitmen yang luar biasa. Kalau semua Kementerian Lembaga dan Daerah gercep seperti ini, PR kita akan cepat selesai," katanya dengan memberikan tepuk tangan, diikuti oleh partisipan lainnya yang serempak mengenakan baju batik itu.



Kemudian Ary Ginanjar menyampaikan kembali paparan dari Alex Denni, bahwa Indonesia mempunyai 4 kemenangan yaitu Olimpiade, Thomas Cup, kemenangan melawan Covid-19, serta soft launching Core Values Ber-AKHLAK dari semua Kementerian Lembaga dan Daerah seluruh Indonesia. Peluncuran tersebut pertama kali dilakukan di Kemenko Marves.


"Saya ingin menambahkan saja pengalaman saya selama seperempat abad untuk membangun karakter atau budaya kerja Ber-AKHLAK. Dengan pengalaman ini kami ingin berbagi dengan kerendahan hati supaya program besar yang dilaunching oleh Presiden menjadi kenyataan," harap Ary.



Tokoh motivator Indonesia itu juga berharap hal tersebut bisa menjadi pondasi untuk bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 kelak. Oleh karenanya, ia bersedia membantu penyusunan buku panduan perilaku Core Values Ber-AKHLAK.




Adapun 17 Kementerian yang hadir dalam ruang Zoom Meeting, dipaparkan satu per satu oleh Budi Purwanto, di antaranya:

1. Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan
2. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
3. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
4. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
5. Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
6. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
7. Kementerian Perhubungan
8. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
9. Kementerian Kelautan dan Perikanan
10. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
11. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal
12. Kementerian Agama
13. Badan Riset dan Inovasi Nasional
14. Badan Standardisasi Nasional
15. Badan Kepegawaian Negara
16. Lembaga Administrasi Negara
17. Komisi Aparatur Sipil Negara


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA