Jumat, H / 29 Maret 2024

Kemenkes RI, Vaksin Hub Sebagai Pusat Transfer Teknologi

Rabu 22 Sep 2021 14:05 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Tangkapan Layar

Foto: latime.com

ESQNews.id, JAKARTA - Indonesia bersama WHO dan enam perusahaan farmasi tengah melakukan penjajakan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat pembuatan global untuk vaksin COVID-19 dengan platform mRNA.

 

Inisiatif ini akan dimulai dengan pembelian vaksin COVID-19 dari perusahaan yang mau membagikan teknologi pembuatan vaksin serta mendirikan fasilitasnya di Indonesia.

 

Menurut informasi dari laman Kemenkes RI, sebelumnya WHO telah menunjuk Afrika Selatan sebagai “Pusat transfer teknologi” untuk membantu WHO memperluas distribusi vaksin COVID-19 secara global serta mendorong negara-negara berkembang untuk meningkatkan kapasitas pembuatan vaksin platform mRNA, yang dinilai bisa cepat beradaptasi dalam mengatasi varian baru COVID-19.



 

Keinginan Indonesia untuk ikut mengambil peran sebagai hub pasokan global vaksin COVID-19 juga disampaikan Menkes dalam G20 Health Ministers Meeting di Roma, Italia pada 5-6 September lalu.

 

“Indonesia akan memulai inisiatif dengan memprioritaskan pembelian vaksin COVID-19 dari perusahaan yang berbagi teknologi dan mendirikan fasilitas di Indonesia. Kami bekerja sama dengan WHO untuk menjadi salah satu pusat manufaktur global untuk mRNA,” kata Budi Gunadi, Menteri Kesehatan RI.


<more>


Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga menekankan pentingnya akses vaksin yang aman, cepat dan merata bagi seluruh negara melalui COVAX Facility serta mendorong peningkatan kapasitas produksi global vaksin COVID-19 guna memperluas dan mempercepat cakupan vaksinasi secara global.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA