Jumat, H / 29 Maret 2024

Bank Mandiri Memiliki Nilai Positive Findings yang Tinggi Hingga Raih 4 Penghargaan AKHLAK Award dari ACT Consulting

Selasa 30 Aug 2022 09:02 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Setelah nilai AKHLAK diresmikan oleh Erick Thohir (Menteri BUMN), Kesehatan Budaya Kerja di Bank Mandiri mulai dicek dan diukur oleh Tim ACT Consulting. Metode pemetaan dan pengukuran AKHLAK tersebut adalah AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai dari BUMN yang diukur. 


Dari hasil survei tersebut, diperoleh indeks internalisasi AKHLAK, sesuai persepsi responden terhadap nilai dan perilaku yang sudah diimplementasikan di organisasi. ACT Consulting sebagai konsultan transformasi budaya organisasi, yang berpengalaman membantu berbagai organisasi dalam 10 tahun terakhir, terpanggil untuk juga turut mensukseskan dan mendorong terwujudnya BUMN ber-AKHLAK.


ACT Consulting memaparkan hasil ACHI tersebut kepada Bank Mandiri secara transparan pada 29 Agustus 2022 di lantai 2 Ruang Kalimantan, Plaza Mandiri. Paparan tersebut dibacakan dihadapan Darmawan Junaidi (Dirut), Sandra (Wadirut), Steven Agustino Yudiyantho (Group Head HC Strategi & Talent Management), Danis Subyantoro (SEVP Internal Audit Bank Mandiri) secara langsung.




“Saya hanya membacakan intinya saja, selengkapnya akan dibacakan oleh Pamela selaku Managing Partner yang saya bawa dari Amerika. Dari hasil AKHLAK Implementasi Indeks, Bank Mandiri mendapatkan 4 piala AKHLAK Award 2 Tahun 2022 untuk kategori The Best Klaster Jasa Keuangan, The Best BUMN Kategori Amanah, The Best BUMN Kategori Loyal, The Best BUMN Kolaboratif,” papar Founder ACT Consulting, Ary Ginanjar Agustian.


Ary menjelaskan bahwa Indeks Implementasi AKHLAK Bank Mandiri adalah 62,1% di atas rata-rata 176 BUMN dan Anper yaitu 44,5%. Serta di atas rata-rata Kluster Jasa Keuangan yakni 45,2%, “Selamat ya Pak atas pencapaaiannya. Seluruh nilai AKHLAK Bank Mandiri berada di atas nilai rata-rata BUMN dan Cluster Jasa Keuangan.”




Proses penyerahan piala dan piagam pun dilakukan oleh Ary Ginanjar kepada Darmawan Junaidi. Lalu foto bersama dan Ary sekaligus memberikan beberapa buku AKHLAK kepada Dirut serta jajarannya yang hadir dalam forum tersebut.


“Terimakasih banyak Pak Ary sudah memberikan langsung piala penghargaan ini. Setelah mendengar hasil ACHI saya lebih menyadari tentang betapa pentingnya meaning purpose terutama pada karyawan millennial untuk meningkatkan performa dan semangat untuk berkinerja unggul,” kata sang Dirut.


<more>


Ia juga mengatakan bahwa sudah dilakukan program program leadership yang terarah pada pembentukan business leader, memberi ownership dan empowerment untuk mengembangkan bisnis di masing masing sektor.


“Saya juga bersyukur dengan adanya Core Values AKHLAK ini. Sehingga dari top level (setingkat leaders) sampai ke bawah memiliki nilai nilai dasar yang selaras,” sambungnya.




Kemudian Pamela memaparkan laporan ACHI secara menyeluruh. Salah satunya tentang positive findings (hal hal positif) di lingkup Bank Mandiri bahwa terjadi peningkatan implementasi nilai AKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari dibandingkan periode sebelumnya.


“Nilai Amanah merupakan nilai AKHLAK tertinggi di Bank Mandiri yaitu mencapai 72,6%. Artinya nilai Integritas dan sikap tanggung jawab menjadi DNA organisasi bagi Mandirian. Begitu juga dengan nilai kolaboratifnya terlihat adanya lonjakan nilai tertinggi yaitu 4,7% (dari 58,4% pada 2021 menjadi 63,1% pada 2022),” tutur Pamela selaku Managing Partner.


“Tak hanya itu, Bank Mandiri juga memiliki positif energi yang tinggi yaitu sebesar 92,6% yang mendukung pencapaian kinerja organisasi yang efektif dan efisien. Sungguh luar biasa,” puji Pamela.


Adapun beberapa program yang direkomendasikan oleh ACT Consulting untuk lebih meningkatkan kinerja para leaders serta insan Bank Mandiri yaitu dengan ilmu Coaching. Sebagai gambaran, ada cuplikan video saat Ary Ginanjar meng-coaching salah satu insan Pusri untuk pencapaian target. Alhasil Dirut Pusri kagum bahwa pencapaian tersebut terealisasikan.




Sebagai informasi, pengukuran ACHI ini juga dipakai oleh seluruh Kementerian dan Lembaga Pemerintahan. Sehingga semuanya memiliki alat ukur atau penggaris yang sama.


“Akhirnya Indonesia menggunakan penggaris atau alat ukur yang sama. Mari kita doakan semoga prosesnya berjalan lancar dan bisa membantu terlaksananya Budaya Kerja ASN BerAKHLAK, aamiin...Salam BerAKHLAK,” harap pendiri Menara 165 itu.


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melakukan Survei Pemetaan dan Pengukuran Budaya Kerja ASN (Indeks BerAKHLAK) Tahun 2022 dengan PT. Arga Bangun Bangsa/ACT Consulting untuk 632 Kementerian/ Lembaga/Daerah untuk kurang lebih 4 juta ASN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


Pengisian survei Indeks BerAKHLAK akan dimulai pada tanggal 29 Agustus 2022. Program ini dibagi dalam 4 batch, yaitu: Instansi Pemerintah wilayah Indonesia Barat, kemudian wilayah Indonesia Tengah, lalu wilayah Indonesia Timur dan yang terakhir Instansi Pemerintah Pusat.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA