Jumat, H / 29 Maret 2024

Unggul Hingga Puluhan Tahun Ke Depan, Pimpinan Bank Papua Pegang Komitmen untuk Memajukan Ribuan Pegawainya dan Masyarakat Papua

Selasa 15 Feb 2022 18:09 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Bank Papua gandeng ACT Consulting dalam training Change Sponsor Batch 2. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 14-15 Februari 2022 secara hybrid. Fokus utamanya yaitu untuk membangun komitmen terkait pentingya budaya organisasi dan perannya sebagai change sponsor.

 

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh para pimpinan selevel Komisaris dan Direktur dari Bank Papua. Pimpinan yang hadir secara offline di Grand Hyatt Hotel antara lain T.E.A Herry Dosinaen (Komisaris Utama), Dortheis Sesa (Komisaris), Nataniel Dominggus Mandacan (Komisaris), F. Zendrato (Direktur Utama), Sadar Sebayanh (Direktur Bisnis). Sedangkan pimpinan lainnya melalui zoom meeting. Mereka semua di pandu langsung oleh Coach Rinaldi dan Coach Risman (Trainer Lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian)).

 

“Hari ini kita komitmen untuk mencapai purpose kita atau tujuan kita. Baik itu secara misi atau menjawab alasan mengapa Bank Papua ini dibangun. Sedangkan secara visi yaitu menjawab akan seperti  apa Bank Papua 5 atau 10 tahun ke depan. Itulah komitmen jika ingin mengubah 2700 pegawai kita,” tutur F. Zendrato dengan sikap optimis.

 

Selanjutnya, penandatanganan komitmen sebagai tanda kesungguhan leaders  Bank Papua dalam bertransformasi menjadi lebih baik lagi. Untaian kalimat yang tertera pada papan komitmen tersebut yakni, “Kami pimpinan Bank Papua berkomitmen menjalankan dan mengimplementasikan budaya perusahaan dan menjadi transformasional leaders dalam mewujudkan visi misi Bank Papua.

 

 

Founder ESQ Group/ACT Consulting, Ary Ginanjar Agustian turut menjadi saksi mata dalam penandatanganan tersebut, “Mereka baru saja mengikuti training atau pelatihan tentang leadership. Dengan kesungguhan hati mereka, mereka tanda tangan komitmen itu. Hal inilah yang menjadi tanda bahwa mereka sungguh sungguh akan membagikan kembali ilmu yang didapat serta mengimplementasikannya kepada masyarakat Papua.”

 

“Saya sudah mendengar kesungguhan mereka untuk membangun Bank Papua serta masyarakatnya mengenai ekonomi, sosial dan lainnya. Kami mohon ketulusan dan dukungan Anda sepenuh hati serta doa supaya impian mereka menjadi kenyataan, membuat mereka menjadi bank terdepan di Indonesia,” harap Tokoh Pembangunan Karakter itu.




Tak hanya datang sebagai saksi penandatanganan komitmen pimpinan Bank Papua saja, Ary juga membagikan ilmu yang ia punya dengan tujuan mendukung visi misi Bank Papua.


<more>

 

“Sebelumnya saya tanya dulu 4 hal yang biasa disebut TABB. TABB kependekan dari Thing we have learnt (Hal yang didapatkan), Action to take (Perubahan yang akan dilakukan), Barrier to our action (Hambatan dalam melakukan perubahan) dan Benefit if we can manage that (Manfaat apabila berhasil melakukan). Ada yang ingin sharing?” tanya Ary.

 

Semua peserta pelatihan kebagian untuk mengutarakan pendapatnya masing-masing. Termasuk sang Dirut Bank Papua.

 

“Hal yang didapatkan dari pelatihan ini salah satunya adalah saya bisa mengetahui nilai diri saya sendiri. Kemudian untuk menjawab pertanyaan kedua adalah kita sadar bahwa semua orang punya talenta yang berbeda, namun alangkah hebatnya apabila perbedaan itu dijadikan dalam satu kesatuan untuk kemajuan perusahaan Bank Papua,” paparnya dengan ekspresi yang penuh dengan kesungguhan.

 

Ia melanjutkan, “Namun ingat, semua itu pasti ada hambatan dan tantangannya. Tapi tantangan itu bisa kita lalui ketika kita menggabungkan semua talenta talenta menjadi suatu kekuatan penuh kerendahan hati dan tidak ada egosentris. Maka Bank Papua bisa maju terus dan bisa bersaing dengan Bank Bank lain.”

 

“Good, apabila bisa berubah, maka yang mereka lakukan akan memberikan dampak besar terhadap Bank Papua. Karena Bank Papua adalah agen perubahan,” ucap Ary dengan takjub.


 

Meskipun kegiatan ini dilakukan dari pagi hingga sore, tapi tidak mengurangi semangat serta antusiasme para peserta training. Karena mereka mendapatkan ‘asupan’ hiburan dengan senam ringan beserta alunan musiknya yang dipandu oleh Risman. Sehingga insan Bank Papua itu melontarkan tanggapan positifnya:

 

“Saya bersyukur, terimakasih Pak Ary yang luar biasa telah membuka hati kami, telah memberikan influence ke Bank Papua ke depan. Saya juga siap berkontribusi, hati saya sudah terkoneksi dengan orang Papua terutama anak-anak mudanya. Saya siap bangkitkan mereka.”


“Kami merasa bangga dan terharu. Ternyata hari ini sangat luar biasa karena Pak Ary bersama jajarannya mencintai Papua serta berkomitmen bersama kami dalam memajukan Bank Papua, untuk rakyat Papua dan untuk tanah Papua.”

 

“Terimakasih waktu yang telah disediakan untuk kami mengikuti pelatihan ini. Secara pribadi dan sebagai anak Papua, saya menyatakan bangga dengan adanya pelatihan ini dan memberikan inspirasi serta semangat komitmen bagi saya untuk bersama sama memajukan Bank Papua dan demi kesejahteraan masyarakat Papua secara umum.”

 

“Saya bersyukur kepada Tuhan karena diberikan kesempatan mengikuti kegiatan ini. Dan terimakasih kepada Pak Ary serta tim yang telah memberikan, mentransfer ilmu kepada kami terutama soal kepemimpinan. Kami akan kembali menjabarkan itu di Bank Papua.”


Sebagai informasi, kegiatan ini berlandaskan kerjasama antara Bank Papua dengan ACT Consulting. Kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu Change Leader dan AOC sedangkan rencana ke depannya Bank Papua akan ikutserta dalam program OCHI 2022, Change Leader, AOC, CMS dan lain-lain.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA