Selasa, H / 21 Mei 2024

Injakkan Kembali Kaki di Mekkah, Ary Ginanjar Mengulang Memori 23 Tahun Silam pada Kelahiran ESQ

Kamis 22 Jun 2023 10:11 WIB

Reporter : Nisa Mufidah

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Keberangkatan haji pada tahun ini memiliki makna yang sangat berarti bagi ESQ dan Ary Ginanjar selaku founder dari ESQ Group. Bersama dengan kurang lebih 256 jamaah haji dari ESQ Tours Travel berangkat pada Selasa, 20 Juni 2023.


Mengulangi langkah 23 tahun lalu, saat Ary Ginanjar berhaji seorang diri tanpa pengikut untuk meminta ridha Allah atas terbitnya buku ESQ 165 jilid pertama di Padang Arafah.


Momen 23 tahun lalu ketika Ary Ginanjar berjanji menyerahkan hidup di depan pintu kabah, serta berjanji untuk membantu Nabi Muhammad SAW di Raudhah. 


23 tahun lalu, sejarah ESQ dimulai.


Dan pada tanggal 20 Juni 2023, tepat dengan 23 tahun ESQ didirikan, Ary Ginanjar kembali melaksanakan haji untuk “melaporkan” janji-janjinya kepada Allah SWT, mengulang kembali kejadian 23 tahun lalu bersama dengan 256 jamaah haji ESQ Tours.


Keberangkatan jamaah haji sangat diperhatikan secara detail oleh ESQ Tours Travel yang memiliki slogan “Meaningful Journey”.


Untuk menjadi tamu Allah tentu tidak cukup hanya kesiapan fisik prima saja, akan tetapi emosi dan spiritual jamaah juga harus prima. Karenanya, mereka dibekali dengan asupan spiritual khas ESQ yang mendalam agar mereka benar-benar paham pesan penting dibalik ritual haji yang sering orang lupa.


Memaknai pemahaman terkait kalimat talbiyah “Labbaik Allahumma Labbaik” yang dilantunkan ketika haji, Ary Ginanjar selaku Founder ESQ Group menyambut para calon jamaah untuk senantiasa memiliki jiwa yang berpasrah dan bergantung hanya kepada Allah dalam sesi Makna dan Hikmah Haji.


“Hati anda harus haji sebelum haji. Paham mengenai Labbaik Allahumma Labbaik, bergantung hanya kepada Allah, memberikan hati sepenuhnya untuk haji bertemu Allah, memenuhi panggilan-Nya," Ujar Ary Ginanjar kala masa manasik haji pada bulan Mei lalu.




Pentingnya membersihkan hati sebelum haji dikatakan oleh Ary Ginanjar supaya tidak sama dengan orang-orang yang sudah melaksanakan haji namun tidak ada perubahan dalam diri. 


Ibadah haji mengandung makna luar biasa, mengingatkan akan pentingnya aspek spiritualitas dalam kehidupan. Mengikuti jejak perjalanan Nabi Ibrahim AS yang mengajarkan manusia untuk mencapai potensi optimum.


Bersama dengan 1.150.000 jamaah haji yang telah terkonfirmasi tiba di Arab Saudi lewat berbagai pintu masuk Kerajaan Saudi yang disampaikan langsung dari Wakil Menteri Urusan Haji dan Umrah untuk Urusan Kunjungan Mohammad Bin Abdulrahman Al Bijawi.


<more>


Ary dan Jamaah ESQ Tours Travel setibanya langsung melaksanakan ibadah Umrah terlebih dahulu, dengan berbagai pemaknaan dan asupan spiritual sebelum melaksanakan ibadah Haji.


Haji pada tahun ke 23 ESQ bak pertemuan lama mengurai rindu bersama Ilahi, menciptakan kembali momen 23 tahun silam dimana Ary Ginanjar hanyalah seorang diri menyerahkan diri berjanji menyebarkan misi 165 (ihsan, iman, islam) kepada Allah Ta’ala.


23 tahun lalu, pertama kalinya Ary melantunkan zikir Asmaul Husna di Arafah yang kini sudah menyebar ke seluruh dunia lagam tersebut. 


Perjanjian antara Ary dengan Allah SWT 23 tahun lalu untuk menyebarkan 165 yang kini nilai 165 bukan lagi sekedar pelajaran SD yang dihafal serta disetorkan saja, namun menjadi jalan hidup sebagai warisan Nabi Muhammad SAW.


“Bergaunglah Asmaul Husna seluruh Indonesia, dan 165 menjadi jalan hidup. Serta alhamdulilah, Menara 165 sebagai hadiah dari Allah ditegakkan untuk kalian teruskan.” Ucap Ary kepada jajaran pimpinan di ESQ yang turut mengantar keberangkatan Ary Ginanjar Haji.




Rasa syukur atas apa yang sudah dijalankan ESQ selama 23 tahun, atas penjagaan Allah SWT serta perlindungan kepada ESQ hingga pada titik ini, Ary katakan sebagai perwakilan ESQ akan beri laporan kepada Allah mengenai perjalanan bersama misi 165. Dan setelah kepulangannya nanti, founder ESQ tersebut katakan janji untuk melanjutkan perjuangan jilid 2 bersama buku ESQ jilid 2 yang akan lahir.


165 (ihsan, iman, islam) adalah akar dari perjuangan ESQ, semua unit usaha yang berada di ESQ mulai dari ESQ Leadership Center, ACT Consulting International, ESQ Tours Travel, hingga kampus ESQ Business School mengakar pada satu akar yakni 165. Dan Asmaul Husna adalah cara menjaga nilai-nilai untuk senantiasa mengenal Allah SWT.


Kilas balik ketika surat An-Nashr diturunkan yang pada saat itu terjadi Fathul Makkah, pada tahun ke 23 islam, Mekkah dibebaskan. Pada zaman yang berbeda, 23 tahun ESQ juga menara 165 terbebaskan dari hutang.


Pada tahun ke 13 Rasulullah SAW membangun Nabawi, dan pada tahun ke 13 pula ESQ membangun Masjid Arrahim, masjid tertinggi yang letaknya ada di lantai 27 Menara 165, Jakarta Selatan.


“Ini bukan misi saya, ini adalah misi kita semua. Ini bukan perjalanan saya, tapi ini perjalanan kita semua.


Saya pergi haji kali ini, mewakili kita semua untuk melaporkan perjuangan 23 tahun ini kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA