Kamis, H / 28 Maret 2024

KAI Group Berhasil Kumpulkan 5 Penghargaan di AKHLAK Award 2, Dirut: Kehadiran Pak Ary Menambah Keyakinan dan Percaya Diri

Minggu 07 Aug 2022 17:38 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia Group (PT KAI) menggelar Rapat Kerja dan Evaluasi Kinerja pada Ahad 7 Agustus 2022 di Kantor Pusat KAI, Bandung. Berbagai program dilaksanakan dari pagi hingga sore seperti evaluasi keuangan, program strategis pencapaian pendapatan, laporan kinerja, penandatanganan kontrak manajemen dan lain-lain.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo hadir bersama para Direksi, Komisaris, Dirut setiap Anak Perusahaan serta pihak eksternal yakni Rochsjid Budiantoro (Direktur Keuangan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PT PSBI) dan Albertus Indarko Wiyogo (Direktur Jak Lingko).

Dalam kesempatan tersebut, PT KAI turut mengundang Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian bersama tim, terkait salah satu agenda hari ini adalah penyerahan 5 penghargaan AKHLAK Award 2 untuk KAI Group beserta Anpernya.

Saat ajang AKHLAK Award 2, KAI berhasil meraih 5 penghargaan dengan berbagai kategori yakni Top 2 AKHLAK Implementation Terbaik - BUMN Cluster Jasa Logistik (AKHLAK Index PT KAI) sedangkan untuk Top 4 AKHLAK Implementation Terbaik - Anak Perusahaan Cluster Jasa Logistik jatuh kepada KAI Commuter, KAI Bandara, KAI Logistik dan KAI Service.

“Seharusnya ini diberikan pada tanggal 5 Juli 2022 dihadapan Bapak Wapres, Ketua MPR, Wakil Ketua KPK, dan tentunya dihadapan Pak Menteri BUMN,” kata Ary yang sengaja datang ke Bandung untuk memberikan langsung piala dan piagamnya kepada yang bersangkutan.



Kemudian Pendiri ESQ Group itu memberikan 5 piala dan piagam kepada Dirut KAI Group serta ke empat Dirut Anak Perusahaannya. Moment tersebut diabadikan dengan foto bersama serta diiringi dengan tepuk tangan yang gemuruh.

“Tidak mudah untuk mendapatkan ini. Namun, mudah-mudahan dengan ini, Pak Dirut dan para Direksi bisa menjadi penyemangat untuk melakukan terobosan-terobosan baru,” tuturnya.

Ary melanjutkan sembari mengenang masa silam, “Saya sempat speechless saat datang ke sini. Saya ikut bangga dan haru, mengapa? Karena dulu pernah datang ke sini tepatnya pertemuan di Dago Bandung. Saya melihat insan KAI dengan wajah yang penuh keraguan. Namun belum apa-apa ini sudah mencapai 120 persen. Namun ingat, bukan berarti setelah ini diri Anda jadi berleha-leha ya.”



Pria kelahiran Bandung itu mengulang kembali kalimat yang diutarakan oleh Didiek saat makan siang bersama.

“Saya tidak bisa membayangkan kalau saya kerja di KAI, yang kerjanya dari pagi siang sore malam dan menjaga keselamatan. Pak Didiek pernah bilang bahwa 2 per mil saja terjadi pergeseran akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Di saat yang bersamaan harus mencapai target,” ungkap Ary.

<more>

“Jadi luar biasa ini kompleks. Adanya hal mikro, hal makro ditambah dengan tekanan tekanan lingkungan sosial, budaya, politik untuk menyelesaikan mission for people. Misi-misi yang luar biasa,” sambungnya.

Mendengar paparan dari Tokoh Motivator Indonesia tersebut, Didiek mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan untuk KAI Group. Ia juga mengakui bahwa Ary Ginanjar merupakan sahabat karibnya serta tokoh inspirasi bangsa.

“Terimakasih Pak Ary yang sudah sengaja datang untuk meningkatkan target di KAI ini. Di saat yang bersamaan, hari ini saya menerima penghargaan AKHLAK Award 2022 beserta Anper,” kata Didiek.



Ia melanjutkan, “Apakah saya puas? Belum. Jadi culture harus terus dibangun dengan disiplin dan konsisten, karena saya yakin kalau culturenya baik itu akan membedakan suatu perusahaan dengan perusahan yang lain.”

Penyerahan AKHLAK Award 2022 ini bertepatan dengan Rapat Kerja dan Evaluasi Kinerja PT KAI yang mengusung tema “Dengan Akselerasi yang Ber-Energy KAI Bangkit Lebih Cepat.”

“Saat ini kami sedang melakukan Rapat Kerja yang akan disertai dengan culture. Sehingga saya yakin dengan kehadiran Pak Ary menambah keyakinan dan percaya diri akan pencapaian itu. Dan di tahun depan, KAI akan membangun culture dengan lebih baik, lebih cepat dan mendapatkan kualitas yang lebih baik dalam AKHLAK Award selanjutnya,” harap Didiek.



Penghargaan ini merupakan penilaian atas upaya dan konsistensi PT KAI atau seluruh BUMN bersama Anpernya dalam menjalankan core values BUMN, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif dalam setahun terakhir.

Hal ini juga sekaligus merespon himbauan dari Menteri BUMN Erick Thohir yang menegaskan pentingnya nilai inti AKHLAK untuk dimiliki seluruh insan BUMN agar seluruh perusahaan milik negara bisa adaptif, naik kelas, dan mampu berkompetisi pada skala global.



“Pendapatan BUMN yang tadinya hanya 13 triliun sekarang menjadi 126 triliun Alhamdulillah. Sebagaimana kita ketahui, pendapatan BUMN yang meningkat secara signifikan ini harus terus kita jaga karna laba bersihnya sudah bagus tapi yang lainnya juga kita perlu tingkatkan,” kata Erick saat ajang AKHLAK Award 2 secara virtual.

Tak hanya itu, Erick juga mengungkapkan bahwa selain pendapatan yang meningkat, hutang BUMN pun jadi menurun dari 39 ke 35 persen yang tentu berbandingkan antara hutang dan modal, “Kita terus memberikan peningkatan kontribusi untuk negara yang sekarang jumlahnya 372 triliun yang terdiri dari pajak, deviden, dan tentunya bagi hasil.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA