Jumat, H / 29 Maret 2024

Madrasah Kemah (Mukhoyyam)

Rabu 26 Jan 2022 16:08 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: unsplash.com

Oleh: Fikry R. Muraza (Santri  Kelas 8 MILBoS)


ESQNews.id, Bogor - Sahabat, di antara berbagai macam cara melatih adab dan akhlak, salah satunya yaitu dengan berkemah. Hal tersebut nampak cukup efektif dan menarik.


Berkemah adalah menginapnya suatu kelompok atau individu di dalam tenda di suatu kawasan atau tempat yang disitu mereka memperaktekan ‘life skills’.


Ketika berkemah atau camping dengan kelompok, kita bisa melatih serta mempraktekkan adab, akhlak, dan memperbanyak (menambah) ilmu pengetahuan kita. Dari sisi adab dan akhlak, kita melatih rasa sensitifitas dan peduli. Ketika berkelompok melatih kebersamaan kekompakkan, etika (etiquette) dan cara kita berinteraksi dengan yang lain.




Ketika kita menyiapkan/menyusun tenda atau kemah*, nampak sifat sensi (peduli) seseorang dari cara dia berinteraksi dengan membantu yang lain. Terlihat inisiatif dan adabnya. Ini juga melatih dan memperbaiki kepribadian kita, juga melatih kemampuan kita untuk mengambil pelajaran  atau faedah dari suatu pengalaman dan tidak mengulangi kesalahan (yang sama di waktu yang lain).


Ketika sedang beristirahat atau berteduh di dalam tenda, kita melatih diri untuk beradaptasi dan bersyukur. Ketika berkemah, kita diberi kesempatan untuk mengamati ciptaan Allah, tadabbur alam dan melihat keagungan Allah ta’ala.


<more>


Allah ta’ala berfirman, dalam surat adz dzariyat,


(و في الأرض لآيات للموقنين ), Allah juga beri kesempatan kita untuk bertafakkur,


(إن في خلق السماوات والأرض و اختلاف الليل و النهار لآيات لأولى الألباب)   (ali Imran: 190)


Juga, (إن في خلق السماوات و الأرض واختلاف الليل و النهار والفلك ... لآيات لقوم يعقوان) Al Baqarah: 64.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA