Kamis, H / 28 Maret 2024

Tak Disangka, Inilah Peraih Penghargaan AKHLAK Award 2022 untuk BUMN Beserta Anpernya

Rabu 06 Jul 2022 06:09 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Erick Thohir menyampaikan ucapan selamat atas penyelenggaraan AKHLAK Award 2 pada Selasa 5 Juli 2022 pukul 19.00-21.00 melalui Zoom Meeting dan disiarkan melalui kanal Youtube. Menurutnya, sejak awal diluncurkan hingga saat ini penerapan core values AKHLAK terus menunjukkan hasil yang baik di BUMN.  

“Contohnya konsistensi seperti bersih-bersih dan pemberantasan korupsi dari tubuh BUMN, transformasi human capital yang menjadi lebih profesional transparan terbuka dan juga balance antara pemimpin muda serta kesetaraan gender yang kita lakukan bersama sama,” papar Menteri BUMN Erick Thohir. Kegiatan ini menjadi momen refleksi dan evaluasi 2 tahun dicanangkannya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif).

“Pendapatan BUMN yang tadinya hanya 13 triliun sekarang menjadi 126 triliun Alhamdulillah. Sebagaimana kita ketahui, pendapatan BUMN yang meningkat secara signifikan ini harus terus kita jaga karna laba bersihnya sudah bagus tapi yang lainnya juga kita perlu tingkatkan,” sambungnya.

Tak hanya itu, Erick juga mengungkapkan bahwa selain pendapatan yang meningkat, hutang BUMN pun jadi menurun dari 39 ke 35 persen yang tentu berbandingkan antara hutang dan modal, “Kita terus memberikan peningkatan kontribusi untuk negara yang sekarang jumlahnya 372 triliun yang terdiri dari pajak, deviden, dan tentunya bagi hasil.”



Ia yakin penerapan nilai AKHLAK ini akan dapat menjaga dan mempererat persatuan bangsa yang saat ini menghadapi tekanan-tekanan berat secara global. Menurutnya kita harus menjadi negara yang kokoh. 

“Mengembangkan SDM kita ini tentu untuk membawa kita ke depan regenerasi juga ke depan. Dan kontinyuitas ke depan. Ayo jadikan Indonesia yang maju, makmur dan mendunia,” ajaknya kepada seluruh Insan BUMN serta Anpernya.

<more>

Sebagai penyelenggara, Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ/ACT Consulting) menyimak satu per satu paparan dari narasumber yang hadir. Tak lupa, untuk selalu mengapresiasi para narasumber serta insan BUMN dan Anpernya.

“Semua yang berpartisipasi dalam AKHLAK Award ini sesungguhnya adalah berjiwa pemenang bahkan sudah jadi juara mengapa? Karena tidak semua BUMN siap dan bersedia untuk diberikan penilaian oleh pihak luar yang independen seperti kami (ACT Consulting),” kata Ary dengan tersenyum dan mengacungkan kedua jempolnya.

Ary menjelaskan bahwa metode pengukuran yang dilakukan ACT Consulting untuk BUMN juga dilakukan untuk memetakan Kementerian dan Lembaga lainnya sehingga Indonesia menggunakan alat ukur yang sama. Sebagai informasi,  saat ini ACT Consulting sedang mengukur 623 Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah total yang sedang dilakukan pengukuran yaitu sebanyak 4.286.918 orang.

“Ini adalah contoh kolaborasi dan harmonis untuk membangun ekosistem budaya AKHLAK secara nasional. Jadi artinya alat ukur ini adalah penggaris dari sabang hingga merauke. Sehingga Indonesia  bisa bersatu AKHLAK ekosistem,” lanjutnya.



Kemudian, penulis Buku AKHLAK untuk Negeri bersama Erick Thohir itu menampilkan sebuah hasil pengukuran rata-rata AKHLAK Internalization Index terhadap 141 BUMN dan Anpernya periode Juli 2021 sampe Juni 2022.

“Alhamdulillah sudah ada peningkatan dibanding tahun lalu. Dan kita bisa melihat bahwa BUMN rata-ratanya 46,8% dengan nilai Amanah 50,4%, Kompeten 47,2%, Harmonis 43,8%, Loyal 40,0%, Adaptif 44,4%, Kolaboratif 54,8%,” jelasnya saat menampilkan sebuah slide dalam layar.

Expert Transformasi Budaya ACT Consulting, Dwitya Agustina mengatakan bahwa pengukuran tersebut menggunakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh perwakilan dari BUMN yang mengikuti AKHLAK Award.

“Dalam konteks AKHLAK Award kali ini izinkan kami dari ACT Consulting menjelaskan dimanakah posisi ACHI di dalam AKHLAK Culture Journey tersebut? Gambaran yang kami paparkan malam hari ini menyadur dari apa yang sudah diberikan oleh Kementerian BUMN dalam SK no 115 ada 4 tahapan yaitu tahap awal, tahap intervensi, tahap penerimaan, dan tahap perubahan perilaku,” tuturnya dengan halus dan intonasi yang jelas.



Kini tiba saatnya, mengumumkan para pemenang yang mendapatkan penghargaan AKHLAK Award 2022 kali ini yang dibacakan secara lantang oleh Kader dari Ary Ginanjar Agustian yakni Iman G Herdimansyah.

“Peraih AKHLAK Award kali ini dibagi dalam 3 kategori yaitu anak perusahaan BUMN per Klaster, BUMN per Klaster dan BUMN per nilai Amanah-Kompeten-Harmonis-Loyal-Adaptif-Kolaboratif,” ucap Iman.

Trainer ESQ itu menyebutkan satu per satu pemenang sekaligus memberikan apresiasi dan tepuk tangan paling meriah. Moment tersebut digelar layaknya acara-acara stasiun televisi lain yang memberikan penghargaan kepada selebritis dengan beragam kategori. 





“Inilah yang ditunggu. Berikut adalah best of the best peanugerahan AKHLAK Award 2022 BUMN ini bukan saja komitmen untuk membangun budaya AKHLAK. Namun juga terlihat dampaknya di seluruh anak perusahaannya.  Siapakah dia? Ya, selamat untuk PT Telekomunikasi Indonesia mendapat score tertinggi dan jadi juara umum berturut-turut,” tutupnya.





Direktur Utama Telkom  Indonesia, Ririek Adriansyah yang turut hadir dalam gelaran tersebut mengaku bahagia dan bersyukur atas apa yang dicapai bersama timnya hingga saat ini.

"Saya bersama jajaran Telkom Group mengucapkan terimakasih atas seluruh bimbingan dari bapak ibu sekalian khususnya Pak Menteri BUMN yang sudah mencanangkan AKHLAK sebagai core values BUMN sejak sekitar 2 tahun lalu. Hasilnya sudah mulai terlihat, dan semoga perbaikan ini terus meningkat dan nantinya seluruh BUMN di Indonesia akan memberikan kontribusi yang lebih besar lagi kepada bangsa ini," harapnya.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA