Jumat, H / 29 Maret 2024

Grand Event ESQ Malaysia di SACC! 1000 Orang dari 4 Negara, Datuk Nooh Gadut dan Presiden UMNO Turut Join Di Dalamnya

Selasa 13 Sep 2022 13:52 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Kurang lebih 1000 orang dari 4 negara (Brunei Darussalam, Singapore, Malaysia, Indonesia) berkumpul untuk mengikuti Grand Event ESQ Malaysia di Shah Alam Convention Center (SACC) Selangor-Malaysia selama 3 hari berturut turut pada tanggal 10-12 September 2022.


Para peserta hadir dari berbagai kalangan dan level yakni dari Yayasan Nur Inspirasi, Raudhatul Sakinah, Institut Koperasi Malaysia, KOOP SAHABAT, FGV Security, KULIM, VFive, AKPK, MSM, Ranhill Capital Sdn Bhd, Micro CTL Automation, Jelita Wardrobe, De'Xandra, KPJ Sentosa, KPJ Healthcare Berhad HQ, Minda Traffic, Kumpulan Karangkraf.

Dalam kesempatannya hadir juga Ketua Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Malaysia Datok Nooh Gadut (Semacam MUI Pusat di Indonesia yang memimpin para mufti Malaysia) untuk memimpin doa dan memberikan sambutannya dalam training ESQ. Serta Datuk Seri Dr. Ahmad Zahid Hamid selaku Presiden UMNO (United Malay National Organization) sebagai peserta pelatihan.




"Dalam hidup ini tidak ada yang tidak diuji oleh Allah. Semua ada ujian ujiannya. Oleh sebab itu penyelesaiannya bisa dengan sabar, kemudian bertawakal kepada Allah dan kita berserah kepadaNya. Oleh sebab itu Allah telah mengingatkan kepada kita dalam banyak perkara. Mau seperti apa keadaan kita saat ini, kita kembalikan semuanya kepada Allah," tutur Datok Nooh Gadut.

Pria asal Malaysia itu mengakui bahwa saat ini usianya menuju 76 tahun. Selama hidup, ia mempunyai falsafah tersendiri yakni 'Semua hal yang positif mesti diterima dengan positif. Dan semua hal yang negatif kita terima dengan positif. Pada akhirnya insyaAllah semuanya akan bernilai positif.




<more>


"Kita bershalawat 3 kali kepada rasul dan para sahabatnya, katanya insya Allah Rasulullah akan memberikan syafaat kepada kita serta mendoakan kita di dunia dan akhirat. Lalu istighfar untuk diri kita, keluarga dan kaum muslimin. Jangan lupa baca subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar wala haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim. Dan berdoalah kepada Allah. InsyaAllah, Allah tak pernah tolak doa kita," lanjutnya.

Datok pun berpesan kepada peserta yang hadir bahwa kita jangan melihat pandangan manusia, namun lihatlah dari pandangan Allah. InsyaAllah dengan begitu Allah akan berikan kekuatan kepada kita, hidayah, dan taufikNya.

"Apapun penyelesaian yang muktamad yang secara terbaik adalah pendidikan, dakwah, dan sebaran islam. Maka ESQ berperan dalam hal ini. Teruskan, bahawa Alhamdulillah tidak ada jalan lain lain. Melainkan kita damping, kita santuni anak anak kita, anak muda. Agar di dalam hidupnya senantiasa menjaga Maqasid Syariah yaitu agama, bangsa dan negara," papar Datok Nooh.




Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian tampak sumringah dengan kehadiran para tokoh besar tersebut beserta jajarannya, tentu peserta pelatihan sekalian.

"Terimakasih para ulama dan tokoh yang hadir mendukung 1000 rakyat Malaysia untuk training," ucapnya dengan tersenyum.

Ary mengungkapkan bahwa selama 17 tahun dirinya bolak balik ke Malaysia dan mendidik lebih dari 150.000 lebih rakyat Malaysia, ia menemukan 4 hal.

"Saya menemukan 4 hal di sini yaitu Malaysia fokus ke pembangunan SDM, keinginan belajar yang kuat, semangat wirausaha yang tinggi tanpa gengsi, hormat dan menjaga adab kepada guru sehingga menjadi berkah," tuturnya.




Untuk itu, Ary coba membuka rahasia bagaimana cara untuk menjawab 3 hal yang dicari manusia yaitu siapa saya, dimana saya dan mau kemana saya. Karena menurutnya, jika tiga kunci ini terjawab maka kita akan dapat 3 hal yaitu kebahagiaan, ketenangan, kejayaan.

"Jika kita ingin bahagia, pertama tama kita harus bereaksi terhadap kecenderungan kita untuk mengikuti garis perlawanan yang paling sedikit, kecenderungan yang menyebabkan kita tetap apa adanya. Atau melihat terutama pada kegiatan kegiatan di luar diri kita untuk apa yang akan memberikan dorongan baru untuk hidup kita. Saya kutip dari kata kata Piere Teilhard De Cardin," jelas Sang Motivatir Indonesia itu.




"Do you remember this? Perjalanan terjauh manusia bukanlah perjalanan tinggi ke angkasa atau menyelam ke dalam samudra, tetapi perjalanan ke dalam jiwa (Jules Verne)," lanjutnya.

Rundown menunjukkan waktunya untuk istirahat. Terlihat dari beberapa potret yang diambil tim panitia ESQ Malaysia, di situ nampak Ary Ginanjar makan Nasi Telungkup bersama Presiden UMNO dan Ketua Para Mufti Malaysia. Senyum lebar nan tulus tersirat di bibir mereka, sambil berbincang bincang santai.




Di penghujung acara, Ary Ginanjar melantunkan lagu Lir Ilir dengan merdu sebagai hadiah kepada Alumni yang hadir. Agar lebih khidmat, lampu ruangan yang besar itu pun dipadamkan.




Seluruh peserta turut menyanyikan lagu khas daerah di Indonesia tersebut secara bersamaan. Lagu ini melambangkan persaudaraan yang satu rumpun antara Indonesia dan Malaysia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA