Selasa, H / 21 Mei 2024

Insan Sorong - Papua Antusias Ikuti Training ESQ Public Speaking

Jumat 11 Aug 2023 10:47 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, SORONG - Ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta, kegiatan training ESQ Public Speaking yang digelar di Bellagri Hotel, 9-10 Agustus 2023 berlangsung sukses.


Dengan menghadirkan Coach LM Novrianto, training ESQ Public Speaking disambut antusias para peserta.


Hal ini terlihat pada setiap sesi, peserta aktif mengajukan pertanyaan ataupun tampil ke depan berbicara mempraktekkan materi yang telah disampaikan oleh Coach Opi-sapaan akrab trainer Novrianto-




Untuk menjadi public speaking yang handal, Coach Opi mengungkapkan ilmunya, dimana peserta harus memahami tentang basic public speaking, 4MAT system yang terdiri dari why, what, how dan what if, 7 tips awal menakjubkan, powerful closing dan sejumlah materi lainnya.


Rasa grogi, berbicara terlalu cepat ataupun saat tampil berbicara tiba-tiba blank, lupa konsep yang telah disusun merupakan hal yang sering dihadapi para peserta. Untuk mengatasi hal ini, menurut Coach Opi, harus sering berlatih dan berlatih.


<more>


Saat tampil berbicara di depan umum, peserta training juga diminta untuk melihat siapa audiensnya. Bahwa seorang public speaking dituntut untuk memahami teknik membangun koneksi yang baik, yang terdiri dari 4 hal yakni, menyamakan, memasangkan, memuliakan dan mengarahkan.


Agar dapat diterima oleh audiens, semestinya seorang public speaking tidak langsung mengarahkan tapi perlu untuk mencari kesamaan, ataupun memuliakan peserta.


Selain itu Coach Opi juga mengungkapkan tentang triple V yakni verbal, vocal dan visual. Bahwa tampilan bodylangue saat di atas panggung harus diperhatikan sehingga membuat peserta dapat tampi semakin percaya diri.




Training ESQ public speaking dengan panitianya Zora Dewi dan Iwan dipuji para peserta karena dalam penyajian materi tidak membosankan.


"Bos..bos..sukses bos, ucap peserta seraya menepuk bahu rekannya yang ada di sebelah kanan dan kiri, merupakan ciri khas training ESQ. Dan cara ini membuat suasana jadi hidup dan kian lebih mengakrabkan peserta dengan rekan peserta lainnya.


Selain itu, selama berlangsung training, Coach Opi juga menyelingi dengan berbagai games menarik yang butuh konsentrasi dan kreativitas dari para peserta dalam menjawab tantangan games itu.


Yang menarik, beberapa peserta yang awalnya tidak PD (percaya diri ) untuk tampil berbicara di atas panggung setelah "dipaksa" maju ternyata bisa. Peserta itu berbicara dengan lancar hingga la pun seperti tidak mau turun dari panggung.


Di penghujung acara, Zora Dewi berharap peserta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dengan terus berlatih sehingga kelak jadi public speaking yang handal.


Selain training public speaking, direncanakan di Kota Sorong akan digelar ESQ training miracle women.


Seperti diketahui training ESQ dengan foundernya Ary Ginanjar Agustian merupakan training dengan menggunakan metode spiritual engineering yang komprehensif dan berkelanjutan, bertujuan membentuk karakter melalui penggabungan 3 potensi manusia yakni kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.


Selain ESQ training, juga ada ESQ Tours & Travel yang melayani jemaah yang akan menunaikan ibadah haji dan umroh, juga ada ESQ Business School dan sejumlah group ESQ (anak perusahaan ESQ) lainnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA