Sabtu, H / 18 Mei 2024

Training Agen Perubahan di Kementerian ESDM, 179 Orang Hadir Di Dalamnya

Kamis 16 Sep 2021 12:00 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

“If you can’t measure, you can’t manage” - Peter Drucker


ESQNews.id, JAKARTA - Drs. Endang Sutisna, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setjen Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) hadir dalam acara yang di gelar oleh ACT Consulting. Acara tersebut berupa pelatihan Agen Perubahan terhadap 179 orang yang berasal dari 11 unit organisasi di ESDM.

 

Training ini digelar selama 3 hari pada (14-16/9/2021) melalui zoom meeting.

 

Di awal sesi, Endang memberikan sambutan sekaligus menyapa kepada Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting), Coach Tiko dan Coach Bayu (trainer), serta ratusan insan Kementerian ESDM lainnya.

 

“Alhamdulillah, dalam kesempatan ini kita masih bisa berkumpul meskipun dalam forum online. Saya berharap orang-orang pilihan dari Kementerian ESDM yang hadir di sini bisa mengikuti pelatihan yang diadakan oleh ACT Consulting dengan sebaik mungkin,” harapnya.



 

Paparan tersebut disimak oleh Ary Ginanjar beserta partisipan yang ada di Zoom Meeting ini. Mereka tampak serius namun santai saat mendengarkan untaian kalimat pimpinan Kementerian ESDM itu.

 


 

Ary Ginanjar kemudian membagikan salah satu slide yang menampilkan komparasi dari Core Values Ber-AKHLAK dengan nilai-nilai KESDM yakni sebagai berikut:

 


 

“Seperti yang kita ketahui, Pak Presiden Jokowi telah mencanangkan Core Values ASN yaitu Ber-AKHLAK pada bulan Juli 2021 lalu. Oleh karenanya, mohon ijin kami akan membantu menginternalisasikan nilai-nilai tersebut di dalam lingkup KESDM ini,” jelas Ary sambil tersenyum.

 


 

“Pak Jokowi mengatakan bahwa para ASN harus mempunyai semboyan yang sama. ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama,” sambungnya.


Kepanjangan dari Core Values Ber-AKHLAK itu sendiri adalah Ber-orientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN ini adalah sebuah panduan dalam berfikir, berstruktur dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN yaitu bangga melayani bangsa yang berperan sebagai jiwanya, moto, penyemangat. Menerangkan bahwa dalam bertugas, ASN ini selalu bangga melayani bangsa.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA