Selasa, H / 21 Mei 2024

Entrepreneur Fest Mahasiswa ESQ Business School Dipadati Pengunjung! Kualitas Oke Anti Boke

Selasa 28 Nov 2023 22:52 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Hardskill dan Softskill Mahasiswa ESQ Business School sudah tak diragukan lagi, baik di tingkat kampus, nasional hingga ke kancah internasional.


Kali ini, para Mahasiswa dan Mahasiswi ESQ Business School Prodi Bisnis Manajemen angkatan 10 menampilkan, memasarkan bisnisnya dalam sebuah produk, seperti makanan, minuman, aksesoris, tanaman hias, dan lainnya. Produk-produk itu tentu memiliki kualitas tinggi namun dijual dengan harga yang bersahabat (murah).




Mereka hadirkan produk-produk unggulannya dalam acara Entrepreneur Fest (Bazaar Mahasiswa) pada hari Selasa, 28 November 2023 di Lantai 2, Menara 165, Jakarta.

Di awal acara, Sujoko Winanto (Ketua ESQ Business School) memberikan sambutannya.

"Saya yakin dan percaya dari festival bisnis ini akan lahir banyak Usman Bin Affan yang baru, akan lahir banyak konglomerat bisnis yang baru. Yang artinya, semua adik-adik memiliki jiwa seperti Pak Ary, otaknya seperti Pak Ary.

Dan saya yakin percaya apa yang telah dipersiapkan, dikerjakan hari ini akan membuahkan hasil di masa depan. So, adik-adik semua hari ini jualan sepuas-puasnya, rasakan nikmatnya mencari rejeki," ujar pria yang akrab disapa Joko.




Turut hadir dan memantau acara, Mariah (Dosen Pembimbing Kelas Wirausaha Prodi Bisnis Manajemen) sambil menjelaskan latar belakang terselenggaranya perhelatan ini.

"Festival bisnis merupakan salah satu dari program dari inkubator bisnis yang digelar sebulan sekali. Tujuannya yakni sebagai sarana agar mahasiswa memperkenalkan produk mereka dan juga belajar memasarkan produk serta bisa menerima feedback langsung dari konsumen yang sudah membeli produk mereka," jelasnya.




Lebih lanjut, "Sebetulnya masih banyak program-program lain yang ada di inkubator bisnis. Dan adapun program berikutnya yaitu kami akan mencari pendanaan eksternal dengan cara menyeleksi feedback dari mahasiswa.

Kemudian kita juga nanti akan ada agenda workshop, serta kolaborasi inkubator bisnis baik dari mahasiswa prodi manajemen atau seluruh prodi. Agar mereka bisa membuat ide bisnis sampai bisnis itu dijalankan," tutupnya.




Lalu, dalam sambutannya juga Ketua Pelaksana, Abyan mengatakan, "Tak terasa kita sudah berada di acara puncak, dimana pada acara hari ini dibuktikanlah kerja keras kita selama sebulan kemarin.

Dan acara ini adalah ajang pembuktian kita semua dari apa yang telah kita pelajari terkait marketing, penjualan, dan usaha kita sendiri. Saya ucapkan terimakasih sekali lagi kepada para pembeli dan panitia yang telah men-sukseskan acara ini."




Dilanjutkan oleh MC yang memperkenalkan berbagai produk dari para mahasiswa di antaranya Boss caller (mie abyan), Kinan n team (kimbab, risol mayo), Chicrharm (aksesoris), Foodpedia (katsu, dimsum, mie lidi), Nature glass (tanaman), Panhaus (cake), LOwCAL FOOD (nasi cumi bakar), RASAKU, Salman n team, Mayochi, Kingstore, Good bite, Raspa (pempek delight).




Ada mahasiswa bernama Faisal bersama tim yang menjual produk Pempek khas Palembang (Pempek Delight) dan es buah mumer (murah meriah).


<more>




"Gak expect sih bakal selaku itu jualannya bahkan sampe abis. Trus selama jualan rame banget banyak yang beli bahkan ada yang gak kebagian pempek nya. Itu kami merasa bersalah banget sih.

Tapi...overall kegiatan ini, bisnis ini sangat menyenangkan sekaligus terharu karena stok pempeknya banyak banget bisa se-laku itu sampai habis," ungkap Faisal.

Ia juga sampaikan salah satu keunggulan produk yang dijualnya yakni harganya yang murah, enak, dan kualitas terjamin, dibanding produk lain yang serupa.




"Dan FYI, ini pempeknya aseliii. Karena salah satu tim kami berasal dari Palembang. Selaku orang sana, tentunya menginginkan agar makanan kami bisa di cicipi oleh orang-orang yang bukan dari Palembang.

Dan jugaaa... saya membuat produk ini dengan menerapkan konsep yang di ajarkan di kampus ESQ Bussines school," tambahnya.

Pria yang juga baru-baru ini meraih juara 1 tingkat nasional pada cabang lomba Ghina Arabiy (Festival Kampung Arab) ke 11 itu berharap, "Kami ingin melanjutkan usaha ini untuk ke depannya dan tentunya InsyaAllah kami akan membuka stand di luar seperti saat event serta berkolaborasi dengan pebisnis (entrepreneur) lainnya. Sehingga nama ESQ Business School semakin harum hingga go global."

Suasana jadi lebih seru, ramai, dan menyenangkan karena selain adanya pameran bisnis, turut dimeriahkan juga oleh persembahan lagu dari beberapa mahasiswa ESQ Business School dengan suara merdunya yakni Faisal, Albab dan lainnya.




Di penghujung acara, inilah yang ditunggu-tunggu para pengunjung yaitu door prize dengan hadiah yang menarik seperti setrika, kipas angin, mini fan, dan lain-lain.

Imam Abuhatim salah satu pemenang door prize (selaku pembeli produk) yang juga Alumni ESQ Business School mengucapkan, "Terimakasih teman-teman semuanya sudah memeriahkan acara hari ini. Kakak sangat senang kepada para mahasiswa semester 3 sudah mendapatkan kelas bisnis dan mencoba berbisnis. Alhamdulillah juga kakak bisa berpartisipasi dalam acara kalian dan makasih buat hadiahnya. Sukses buat semuanya semoga bisnisnya terus berlanjut."




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA