Selasa, H / 21 Mei 2024

CEO Talks AirNav Indonesia, Dirut: AKHLAK Tidak Hanya Sebatas Tempelan Dinding

Senin 11 Apr 2022 16:05 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Mokhammad Khatim, Direktur Operasi Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia mewakili Polana Banguningsih Pramesti selaku Direktur Utama AirNav Indonesia dalam memberikan sambutan sekaligus membuka acara CEO Talks (Milestone Understanding) pada Senin 11 April 2022 secara daring.


"Saya mewakili membacakan sambutan dari Ibu Polana serta mengucapkan terimakasih kepada Pak Ary sebagai salah satu tokoh kemasi budaya perusahaan yang sudah bersedia hadir kepasa AirNav Indonesia untuk membagikan wawasan serta pengalamannya," tutur Khatim di hadapan para Direksi, Kepala Divisi, Kepala Biro, Kepala SPI, Sekretaris Perusahaan, General Manager beserta jajarannya dan ratusan Ksatria (Agent of Change AirNav Indonesia) melalui zoom meeting.




Polana, yang menjabat sebagai Dirut wanita pertama AirNav Indonesia berharap, "Budaya perusahaan merupakan kunci besar dalam keberhasilan perusahaan. Oleh karenanya, Core Values AKHLAK tidak hanya sebatas tempelan dinding atau sebaran pamflet. Tapi lebih ke interpretasi dan penerapannya di lingkungan AirNav. Seperti yang kita tahu, di tahun 2021 atau Milestone Awareness para karyawan sadar bahwa Core Values telah berganti yang semula I-SAFE menjadi AKHLAK."

Setelah melalui milestone 2021 yaitu awareness, AirNav Indonesia melanjutkan tahun internalisasi berikutnya dimana tahun 2022 ini ditetapkan sebagai tahun milestone understanding. Menurut Polana, insan AirNav Indonesia sudah aware bahwa corporate culture berubah menjadi AKHLAK. Selanjutnya perlu lebih dalam lagi menjadi benar-benar memahami apa yang menjadi core values dari AKHLAK. Kedalaman pemahaman itu diharapkan tercapai dan hal itulah yang menjadi tujuan program internalisasi AKHLAK tahun ini.




"Dalam mengatasi itu semua, kami dibantu oleh tim budaya AirNav Indonesia yang telah menetapkan pijakan pijakan yang kita sebut milestone budaya perusahaan yang 5 tahun yakni Tahun 2021 (Awareness), Tahun 2022 (Understanding), Tahun 2023 (Acceptance), Tahun 2024 (Commitment), Tahun 2025 (Transformation)," lanjut Khatim.

Selain Khatim, Direktur SDM dan Umum Bagus Sunjoyo memberikan sambutannya, "Kita juga perlu lebih memahami dan mengerti tujuan core values BUMN yaitu AKHLAK dalam perilaku kerja. Kita mulai melakukan penyelarasan dengan kegiatan operasional di unit kerja masing masing."

"Ada 10 program implementasi AKHLAK yang telah dilakukan dari tahun 2021 sampai 2022 bersama Pak Ary Ginanjar. Pembekalan dari ACT Consulting kepada direktur direktur untuk mendukung implementasi core values yang di mulai secara top down," lanjutnya.



Menurut Ary Ginanjar Founder ACT Consulting, seiring berjalannya implementasi dan internalisasi AKHLAK di lingkup AirNav Indonesia, perlu juga dilakukan pengecekan kesehatan budaya kerjanya, "Apakah corporate culture AKHLAK di AirNav baik? Pertanyaannya apakah sudah diukur oleh eksternal namun bukan internal yaa. Artinya kalau kita tidak ukur, kita tidak akan tahu sejauh mana kita sehat."

ACT Consulting melakukan riset pemetaan dan pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK dengan menggunakan metode ACHI (AKHLAK Culture Health Index). Melalui riset dan kajian tersebut, diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan dalam perilaku kerja sehari-hari.


<more>


"Jika belum diukur, artinya ijinkan saya memperlihatkan hasil pengukuran 120 BUMN yang telah kami lakukan, serta 630 Kementerian dan Lembaga yang sedang kami siapkan. Semuanya di benchmarking. AirNav Indonesia siap dipotret kan? AirNav Indonesia harus A ya dan dapat penghargaan AKHLAK Award ke 2 pada bulan Juli 2022 mendatang, yang artinya sangat baik kesehatan budaya kerjanya," tutur Ary dari Studio lantai 23 Menara 165.




Saat AKHLAK AWARD 2022 mendatang, yang akan hadir yaitu Kyai Ma'ruf Amin (Wapres RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Wawan Wardiana (Deputy Pendidikan KPK) dan lainnya.

Sebelumnya, Erick Thohir, Menteri BUMN hadir sebagai Keynote Speaker di acara “Refleksi 1 Tahun AKHLAK BUMN” dan AKHLAK Award 2021. Acara tersebut digelar oleh ACT Consulting pada Kamis (15/7/2021) melalui Zoom Meeting dan Youtube. Dalam ajang AKHLAK Award 2021 itu, turut mengundang 4 Mantan Menteri BUMN di antaranya Tanri Abeng, Sugiharto, Mustafa Abubakar, dan Dahlan Iskan.





Acara CEO Talks (Milestone Understanding) semakin meriah ketika Coach Eka Chandra mengajak insan AirNav Indonesia bermain game di Kahoot. Mereka terlihat sangat bersemangat dengan ekspresi ceria dari layar Zoom Meeting.






Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA