Jumat, H / 29 Maret 2024

Perdana! PT Inka Raih Penghargaan AKHLAK Award 2, Dirut Kunjungi Menara 165: Didampingi ACT Consulting Kita Lulus Passing Grade

Kamis 18 Aug 2022 21:37 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Direktur Utama PT Industri Kereta Api Persero (PT Inka) Budi Noviantoro berkunjung ke Menara 165 di Jakarta pada Kamis 18 Agustus 2022. Pasalnya, Budi bermaksud silaturahmi serta menerima Penghargaan AKHLAK Award 2 dari Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian secara tatap muka. Pemberian piala serta piagam tersebut disaksikan langsung oleh Andy Budiman (Direktur Keuangan, SDM, Management Resiko), Bandi (Manager Pwk Jkt), Rijal (Staff) serta tim ACT Consulting.

 

PT Inka sebagai salah satu badan usaha milik negara yang terus mengalami perkembangan, diawali pada tahun 1981 dengan produk berupa kereta penumpang kelas ekonomi dan gerbong barang kini menjadi industri manufaktur perkereta apian yang modern.

 

“Atas nama PT Inka kami ucapkan terimakasih kepada ACT Consulting. Ini pertama kali kami meraih penghargaan di AKHLAK Award. Sesuatu yang luar biasa bagi kami,” kata Budi sambil menerima dan memegang Piala serta Piagam kategori indeks implementasi AKHLAK BUMN Klaster Jasa Logistik dari Ary Ginanjar.


 

Menurutnya, aktivitas bisnis PT Inka yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan jasa perkereta apian dan transportasi yang bernilai tinggi. Hal itu harus dipertahankan dengan baik.

 

Transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan mampu memberikan keberhasilan dan mendapatkan solusi terbaik untuk perbaikan transportasi kereta api. Dalam persaingan global, PT Inka mengembangkan berbagai jenis produk di bawah kendali sistem manajemen mutu ISO 9001 dan kemitraan global.

 

“Tentu mempertahankan lebih sulit dibanding mendapatkan. Jadi pertahankan yang sudah ada dan tingkatkan yang belum tercapai. Kita perlu proses yang namanya training dan semacamnya untuk lebih meningkatkan performance di lapangan. Apalagi setelah mengetahui hasil pengukuran budaya kerja di PT Inka. Untuk itu, perlu bantuan atau dengan didampingi ACT Consulting agar kita lulus passing grade, syukur syukur bisa melebihi passing grade,” ucap Pria yang memakai kemeja putih bertuliskan BUMN untuk Indonesia di dada sebelah kanan.

 

Ia melanjutkan, “Kuncinya adalah dengan memegang teguh AKHLAK yang luar biasa ini. Kalau kita jalankan seluruh unsur ini, saya yakin seyakin yakinnya pasti proses itu akan berhasil bukan hanya BUMN namun lingkup swasta juga bisa.”


 

Melalui perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan secara berkesinambungan sebagai upaya beradaptasi terhadap persaingan global, PT Inka memasuki dunia bisnis ini dengan mengedepankan nilai-nilai integritas, profesional dan kualitas. Dalam menghadapi tantangan dunia bisnis ke depan, PT Inka tidak hanya bergelut dalam produk-produk perkeretaapian, namun menghasilkan produk lain yang lebih luas yang mampu memberikan kontribusi terhadap permintaan infrastruktur dan sarana transportasi.

 

“Soal Indonesia Emas dari sisi industri, saya berharap PT Inka betul betul mandiri secara teknologi, mandiri secara manufacturing dan kita bisa membuat sesuatu untuk pasar pasar global yang artinya akan digunakan juga untuk mendapatkan devisa negara. Inka juga sudah mulai menjadi salah satu industri rolling stock di Asia mau gak mau kita harus berkembang go global. Nah itu butuh AKHLAK dan kolaborasi dengan ACT Consulting,” lanjutnya.


CEO ESQ Group terkagum kagum mendengar paparan tersebut. Ia pun mengucapkan selamat atas penghargaan yang diraih oleh PT Inka, “Selamat untuk PT Inka atas peraih penghargaan di ajang AKHLAK Award 2 yang seharusnya diberikan pada tanggal 5 Juli 2022 lalu, serta di saksikan oleh Pak Wapres, Pak Ketua MPR, Pak Wakil Ketua KPK dan tentunya Pak Menteri BUMN.”

 

Ary Ginanjar juga dalam kesempatannya secara transparan menyampaikan hasil pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI) PT Inka selama setahun terakhir.


"Untuk Indeks Implementasi AKHLAK INKA Group adalah 43,4%, di atas rata-rata Klaster Logistik yaitu 42,5%, namun di bawah rata-rata 176 BUMN dan Anper yaitu 44.5%," ucap Ary.

 

Metode pemetaan dan pengukuran AKHLAK tersebut adalah AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai dari BUMN yang diukur. Dari hasil survei tersebut, diperoleh indeks internalisasi AKHLAK, sesuai persepsi responden terhadap nilai dan perilaku yang sudah diimplementasikan di organisasi. ACT Consulting sebagai konsultan transformasi budaya organisasi, yang berpengalaman membantu berbagai organisasi dalam 10 tahun terakhir, terpanggil untuk juga turut mensukseskan dan mendorong terwujudnya BUMN ber-AKHLAK.



 

Dwitya Agustian (Expert dalam bidang transformasi budaya di ACT Consulting) turut memaparkan langkah-langkah selanjutnya untuk pembekalan di PT Inka, sehingga melahirkan kinerja yang lebih unggul ke depannya.


“Ada juga yang perlu diperhatikan yaitu tak hanya dibekali oleh motivasi secara finansial dan juga relasi, namun mindset karyawannya juga perlu dibekali dengan makna bekerja yang sesungguhnya. InsyaAllah itu akan lebih meningkatkan performance PT Inka ke depannya,” kata wanita yang akrab disapa Uwie itu.


<more>


Selain menyerahkan piala dan piagam penghargaan, Ary memberikan beberapa boneka Mr. Zero berwarna kuning serta buku AKHLAK untuk Dirut Inka serta jajarannya.


Penghargaan ini merupakan penilaian atas upaya dan konsistensi PT Inka atau seluruh BUMN bersama Anpernya dalam menjalankan core values BUMN, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif dalam setahun terakhir.


Menteri BUMN Erick Thohir telah menegaskanperihal pentingnya nilai inti AKHLAK untuk dimiliki seluruh insan BUMN agar seluruh perusahaan milik negara bisa adaptif, naik kelas, dan mampu berkompetisi pada skala global.


"Tentu hingga pendapatan BUMN yang tadinya hanya 13 triliun sekarang menjadi 126 triliun Alhamdulillah. Sebagaimana kita ketahui pendapatan BUMN ini menjadi sangat signifikan meningkat ini yang harus terus kita jaga karena laba bersihnya sudah bagus tapi yang lainnya juga kita perlu tingkatkan,” ungkapnya dengan penuh antusias.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA