Minggu, H / 19 Mei 2024

Pelajaran Penting dari Penelitian Terlama Tentang Kesehatan dan Kebahagiaan (1)

Senin 20 May 2019 13:32 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Robert Waldinger

Foto: Twitter Robert Waldinger

ESQNews.id, JAKARTA - Menarik apa yang disampaikan Robert Waldinger, psikiatris asal Harvard, dalam presentasi TedTalk pada November 2016. Dalam video yang hingga hari ini sudah ditonton sekitar 13 juta orang itu, membedah rahasia hidup sehat dan bahagia.

Paparannya dimulai dengan temuan dari survei terkini pada para milenial tentang apa tujuan terpenting dalam hidup mereka. Lebih dari 80% menjawab adalah menjadi kaya, dan yang lainnya menjawab bahwa tujuan hidup penting adalah menjadi terkenal. 

Baca juga: Pelajaran Penting dari  Penelitian Terlama Tentang Kesehatan dan Kebahagiaan (2)

Namun berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sejak 1938, Waldinger mengungkapkan hasil temuan yang sangat berbeda. Jadi apa rahasia sehat dan bahagia berdasarkan riset ini?  Kuncinya adalah: memelihara relasi yang baik dengan manusia lain.

Waldinger adalah direktur keempat yang memimpin penelitian ini pada 2003. Studi yang menurutnya adalah studi terlama tentang kehidupan dewasa yang pernah dilakukan ini memonitor kehidupan 724 pria. Sekitar 60 orang hingga saat ini masih hidup, kebanyakan dari mereka berusia 90an.

 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA