Minggu, H / 19 Mei 2024

5 Tempat Tes TOEFL Offline beserta Biayanya, ESQ English Course Salah Satunya!

Rabu 10 Jan 2024 13:15 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Adobe stock

ESQNews.id, JAKARTA - Tes TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan ujian untuk mengukur kemampuan dan kompetensi bahasa Inggris seseorang. Sertifikat dari tes ini biasanya digunakan untuk keperluan melanjutkan studi, memperoleh beasiswa, hingga melamar pekerjaan.


Terdapat berbagai lembaga yang menyediakan tes TOEFL, baik secara daring maupun yang dapat dikerjakan secara langsung di tempat.


Tiap lembaga juga menawarkan harga dan jenis tes yang beragam.


Bagi yang sedang mencari tempat tes TOEFL offline, berikut Berita Bisnis jabarkan daftar rekomendasi lembaga yang bisa menjadi pilihan.


Melansir dari kumparan, terdapat beberapa tempat tes TOEFL yang pengerjaannya dilakukan secara offline beserta biaya untuk sekali ujian.


Beberapa di antaranya merupakan lembaga yang bekerja sama dengan Educational Testing Service (ETS). ETS sendiri merupakan lembaga yang menyediakan tes uji kompetensi bahasa Inggris yang bertempat di Princenton, Amerika Serikat.


Daftar tempat tes TOEFL:


1. ESQ English Course


Lembaga yang menawarkan tes TOEFL secara offline berikutnya adalah ESQ English Course. Mereka juga menyediakan tes TOEFl yang bersertifikat ETS.


Biaya tes TOEFL-ITP sebesar Rp. 600 ribu dan hasil ujian akan diperoleh dalam waktu sekitar 8 hari setelah tes.


2. International Language Program atau ILP


Peserta yang mencari tempat tes TOEFL langsung dapat memilih International Language Program atau ILP. Lembaga penyedia tes TOEFL juga menyediakan tes TOEFL bersertifkat yang diakui ETS.


ILP dapat ditemukan di beberapa daerah di Jakarta. Adapun biaya tes normal tanpa persiapan di lembaga ini adalah Rp. 575.000. Sementara untuk biaya tes dengan kelas persiapan menjadi Rp. 650.000.


Pengiriman dokumen sertifikat hasil tes akan dilakukan paling cepat 14 hari sesudah peserta menyelesaikan tes.


3. English First (EF)


Salah satu tempat tes TOEFL yang menyediakan tes offline adalah English First. Selain itu, lembaga kursus yang didirikan sejak 1965 ini juga termasuk tempat tes yang diakui ETS.


Lembaga tes TOEFL ini merupakan lembaga internasional asal Swedia yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia, mulai dari Tangerang, Bandung, Malang, Semarang, Makassar, hingga Balikpapan.


Mereka menyediakan tes TOEFL ITP Paper Based Test resmi dengan biaya tes sebesar Rp. 600 ribu.


<more>

4. English Language Training International (ELTI)

Lembaga yang menyediakan tes TOEFL offline berikutnya ialah English Language Training International (ELTI) Gramedia Yogyakarta. ELTI juga menyediakan TOEFL ITP (Institutional Testing Program) resmi yang diakui ETS.

Tak hanya di Yogyakarta, ELTI Gramedia juga memiliki cabang di beberapa kota seperti Solo, Purwokerto, Bogor, hingga Bandung.

Adapun biaya untuk tes TOEFL di ELTI Gramedia adalah sebesar Rp. 550 ribu. Sementara itu, sertifikat resmi TOEFL dari ETS dapat diperoleh 3 hingga 4 minggu sejak peserta melakukan tes

5. Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Peserta yang ingin melakukan tes secara langsung dapat melakukannya di Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Mereka menyediakan tes TOEFL ITP yang bersertifikat resmi dari ETS.

Terdapat beberapa tingkat tes yang bisa diikuti mulai dari tingkat dasar, madya, hingga lanjutan. Biaya untuk sekali tes sebesar Rp. 585 ribu.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA