Kamis, H / 28 Maret 2024

Tak Ada yang Abadi dan Sempurna di Jagat Raya ini (1)

Jumat 31 May 2019 08:52 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Jika Anda selalu merasa cemas tak peduli bagaimana kerasnya berusaha, Anda tidak pernah merasa puas dengan hasil yang diperoleh. Anda benar-benar menginginkan segala sesuatu dapat dilakukan sempurna. Atau secara terus menerus kecewa dengan orang-orang yang hidup atau bekerja sama dengan Anda sedangkan mereka tidak bisa diajak bekerja sebaik Anda. Jika dihinggapi salah satu dari perasaan tersebut, maka boleh jadi Anda adalah seorang perfectsionis.


Perfeksionis, meskipun dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hasil pekerjaan, namun juga dapat menyakiti diri sendiri. Ketika seseorang menemukan kesalahan yang tak dapat diterima, dia menjadi cemas, gelisah, menarik diri dan susah tidur. Dia tidak bisa memaafkan dirinya, sebab di dalam pikirannya ia berkata, "Jika kesalahan itu dilakukan oleh orang lain itu tidak masalah." Tipe seperti ini adalah perfeksionis yang terpusat ke dalam.


Tipe lain adalah perfeksionis yang berpusat ke luar. Orang tipe seperti ini, biasanya tidak merasa ada masalah dengan dirinya, tetapi ia sering dikecewakan dan terhalang dengan orang lain. Bagi orang seperti ini setiap tiap hari selalu ada sesuatu yang baru yang dikeluhkannya. Keinginan kesempurnaan menyebabkan dia bermasalah ketika berhubungan dengan orang lain sebab ia adalah sering kegagalan memperoleh apa yang diharapkannya karena terhalang orang lain.


Pernah diterbitkan di Nebula ESQ Magz edisi 12


Selanjutnya>>>


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA