Sabtu, H / 20 April 2024

Dishub Jabar Angkat Bicara Soal Perlunya Bersepeda

Jumat 01 Jul 2022 10:06 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: bbc.com

ESQNews.id, JAKARTA – “Optimis untuk selalu hidup sehat, nah salah satunya dengan bersepeda. Selain kita sehat, dengan kita menggunakan sepeda juga dapat mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan,” itulah caption yang tertera dalam instagram Dishub Jabar pada akhir Juni 2022 itu.


Dalam postingannya, ada sebuah pertanyaan, “Mengapa perlu bersepeda?” dan inilah jawabannya:

 

>> Menjaga Sistem Kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan berbagai bentuk penyakit sitemik. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas tingkat sedang, seperti bersepeda, dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan kontribusi untuk hidup sehat. Selain itu, sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan aktivitas melawan tumor serta membantu pencegahan penyakit yang terkait dengan tumor.


<more>


>> Otot menjadi kuat

Selama bersepeda, sebagian otot-otot tubuh diaktifkan. Otot kaki yang bertanggungjawab untuk mengayuh pedal sepeda, otot perut dan punggung menstabilkan tubuh di sepeda dan bantalannya dari pengaruh eksternal, dan sistem otot lengan serta bahu mendukung tubuh agar kuat memegang setang sepeda. Semua pelatihan dan pengencangan sistem otot ini, membuat otot semakin kencang dan mampu berfungsi secara efisien

 

>> Memperkuat sistem kerangka

Bersepeda memiliki efek positif pada kepadatan dan kekuatan tulang sehingga, secara otomatis, kerangka pun menguat. Selain itu, seperti yang telah dikemukakan di atas, bersepeda dapat menguatkan otot, dan otot yang kuat mampu melindungi sistem kerangka.

 

>> Mencegah timbulnya penyakit tulang belakang dan sakit punggung

Postur tubuh ketika bersepeda sangat baik dan gerakan siklis pada kaki merangsang otot-otot di punggung bawah. Dengan cara ini, tulang belakang diperkuat dan dilindungi terhadap stress eksternal. Keistimewaan lain dari bersepeda adalah dapat merangsang otot-otot kecil dari vertebra yang mana sulit untuk dilakukan oleh jenis latihan lainnya. Hal ini  dapat membantu mengurangi kemungkinan sakit punggung dan masalah lainnya.


>> Mengurangi stress mental

Bersepeda memiliki efek relaksasi yang besar karena gerakan sikliknya yang seragam dapat menstabilkan fungsi tubuh, baik dari segi fisik dan mental. Sehingga mampu melawan kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya.


>> Bersepeda juga mampu mengontrol keseimbangan hormonal.






“Yuk diet kendaraan pribadi dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Yuk yang belum ikutan diet kendaraan bermotor pribadi segera ikutan yuk.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA