Minggu, H / 19 Mei 2024

Kata Rima Ginanjar Soal Pengaruh Ruang Hijau Terhadap Dementia

Senin 01 Aug 2022 14:37 WIB

Reporter :EDQP

Rima Ginanjar (Green Architecture Expert)

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA – Berdasarkan riset dari JAMA Network Open, Ruang hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif, kecepatan, dan atensi. Selain itu, ruang hijau juga bisa menghilangkan stress dan memotivasi orang untuk bersosialisasi yang mendorong kesehatan mental yang lebih baik.


Fungsi kognitif dan kesehatan mental merupakan indikator yang dapat menentukan kondisi yang akan dimiliki orang dementia (demensia) di kemudian hari.


“Berdasarkan temuan tersebut, kita sebaiknya membentuk lingkungan hijau di sekitar, guna meningkatkan kebahagiaan, kreativitas, dan kesehatan mental untuk menghindari risiko terkena demensia,” tulis Rima Ginanjar (Sustainable Architecture Expert) dalam postingannya di instagram pada 3 Juli 2022.

 



Demensia bukan penyakit spesifik, tetapi merupakan sekelompok kondisi yang ditandai dengan penurunan setidaknya dua fungsi otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai.

 

Gejala termasuk mudah lupa, keterampilan sosial yang terbatas, dan kemampuan berpikir sangat terganggu sehingga mengganggu fungsi sehari-hari.

 

<more>

 

Obat-obatan dan terapi dapat membantu mengelola gejala. Sebagian penyebabnya dapat dipulihkan.

 

Ketika seseorang memiliki fungsi kognitif dan kesehatan mental yang baik maka kecenderungan untuk terkena dementia menjadi semakin lebih kecil.


“Knowing the importance of green space around us, now it's time to look around, is your environment green enough to build a better future?” lanjut Rima, Anak dari Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group).




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA