Minggu, H / 19 Mei 2024

10 Kesalahan Founder Startup/UMKM

Selasa 18 Jan 2022 13:44 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: completecpa.com

ESQNews.id, JAKARTA - Ketika kalian mau memulai bisnis yang baru, maka kalian harus mempelajari, memahami kesalahan-kesalahan sebagai pemula yang biasanya terjadi ini.


Menurut laman Xaham.id, ada 10 macam Kesalahan Founder Startup/UMKM di antaranya:


>> No Plan

Ibarat nyetir menggunakan google maps kemudian hilang sinyal, jadi ambyar.


>> Prinsip Ngebakar Uang di Awal-Awal

Jika bisa profit okelah. Namun, jika tidak? Bikin sakit kepala.


>> Mengharapkan Hasil yang Cepat tanpa Usaha

Ingat ungkapan “Hasil Tidak akan Mengkhianati Usaha’ ya.


>> Hiring to Soon

Biasanya jika terlalu cepat hiring sana-sini bisa membawa pengaruh ke staff cost. Bisa juga ada kerjaan yang dapat dikerjakan hanya 2 orang tetapi kalian malah mempekerjakan 4 orang.


>> Not Surveying Potential Client

Ini elemen yang sangat penting. Kalau kalian telah mengenali klien terlebih dahulu maka kalian akan memahami demand mereka. Sehingga apa yang ditawarkan dapat memenuhi demand. Percuma punya ide menarik namun tidak sesuai dengan demand klien atau pasar.


<more>


>> Asing dengan Unique Selling Point (USP)

USP itu bagaikan salah satu superpower bagi bisnismu untuk dikenal oleh pasar. Jika bisnismu tidak memiliki pembeda dengan bisnis lain maka akan sulit bersaing pada pasar yang sudah ada.


>> Tidak bergairah dengan bisnis sendiri

Ini lampu merah yang harus disadari. Jika kalian tidak memiliki gairah  pada bisnis yang dijalani, nanti dikhawatirkan usaha yang dikeluarkan hanya ampas-ampas saja, sehingga bisnis tidak punya peluang berkembang.


>> Doing it alone

Manusia itu makhluk sosial. Diusahakan tidak merasa paling hebat dan gengsi yang akhirnya kamu menjalankan semuanya sendiri. Kalian juga tetap butuh yang namanya networking dan bantuan dari orang lain.


>> Thinking busy is productive

Kalian harus bisa work smarter bukan work harder. Tidak selamanya yang kelihatan paling sibuk adalah yang paling produktif.


>> Not Starting Today

Sebaik-baiknya ide adalah ide yang disertai aksi. Jika hanya bermimpi dan berencana, sambil tidur juga bisa. Maka dari itu, mulailah dari hari ini.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA